Beranda Utama Berdasarkan SNI Masker Dibedakan 3 Jenis, Simak Perbedaannya

Berdasarkan SNI Masker Dibedakan 3 Jenis, Simak Perbedaannya

0
Berdasarkan SNI Masker Dibedakan 3 Jenis, Simak Perbedaannya
ILUSTRASI
masyarakat pakai jenis masker
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM – Pandemi virus Korona (Covid-19) di dunia, menjadikan semua orang harus menerapkan protokol kesehatan, yang salah satunya adalah penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Adanya batas jangka waktu dalam penggunaan masker, membuat orang berganti-ganti masker tiap harinya. Banyak jenis masker yang beredar di masyarakat, yakni mulai dari kain sampai masker yang kerap digunakan tenaga medis.

Beberapa waktu lalu, pemerintah menghimbau masyarakat untuk tidak memakai masker jenis scuba dan buff. Pasalnya, kedua dari masker tersebut dinilai kurang efektif untuk menangkal Covid-19.

Deputi Bidang Pengembangan Standar Badan Standardisasi Nasional (BSN), Nasrudin Irawan mengatakan, saat ini masker kain yang beredar di pasaran ada yang satu lapis, dua lapis, dan tiga lapis. Contoh masker kain satu lapis yang banyak beredar adalah masker scuba atau buff. Namun, sesuai SNI (Standar Nasional Indonesia), masker kain yang berlaku terdiri dari minimal dua lapis kain.

Oleh karena itu BSN pun menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8914:2020 Tekstil – Masker dari kain, diantaranya masker harus memiliki syarat minimal dua lapis kain.

“SNI 8914:2020 menetapkan persyaratan mutu masker yang terbuat dari kain tenun dan/atau kain rajut dari berbagai jenis serat, minimal terdiri dari dua lapis kain dan dapat dicuci beberapa kali (washable),” katanya.