e mobile PBB

e mobile PBB

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Memudahkan masyarakat untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok mengedepankan aplikasi e-Pbb Depok Mobile. Kedepannya aplikasi tersebut akan didorong dalam pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P-2).

Kepala Bidang Pajak Daerah II, BKD Kota Depok, Muhammad Reza mengatakan, aplikasi e-PBB Depok Mobile merupakan wujud keseriusan BKD Kota Depok dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Melalui apilikasi e-PBB Depok Mobile masyarakat dapat memonitor status dan pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan.

“Kami terus mensosialisasikan aplikasi e-PBB Depok Mobile kepada masyarakat,” ujar Muhammad Reza kepada Radar Depok.

Muhammad Reza menjelaskan, aplikasi e-PBB Depok Mobil ada sejumlah fiture yang dapat digunakan masyarakat, mulai dari pengecekan pelayanan BPHTB, pengecekan berkas, tagihan PBB, hingga registrasi elektronik Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT). Bahkan, tahun depan akan ada perubahan pelayanan pada PBB-P2.

Muhammad Reza mengungkapkan, Surat Tanda Terima Setoran (STTS) pada PBB P-2 akan dihilangkan. Nantinya, masyarakat dapat menggunakan aplikasi e-PBB Depok Mobile terkait SPPT tahunan. STTS atau kertas merah PBB merupakan keluaran Bank BJB, namun saat ini marketplace yang memberikan pelayanan pembayaran PBB cukup banyak, sehingga pihaknya berencana menghapus STTS.

Muhammad Reza menambahkan, STTS pada tahun ini sempat ingin ditiadakan, namun mengingat sudah masuk dalam penganggaran, jadi dihapusnya pada tahun depan. Selain itu, masih ada masyarakat menganggap STTS merupakan bukti sah dalam pembayaran, namun pada nyatanya tanda bukti yang dikeluarkan marketplace sudah menjadi bukti, karena masyarakat yang telah membayar telah masuk ke sistem BKD.