BP jamsostek return to work
PUBLIKASI: BPJAMSOSTEK Cabang Depok telah memasang media publikasi di lingkungan kantor. BPJAMSOSTEK Cabang Depok terus memaksimalkan program RTW atau kembali bekerja. FOTO : ISTIMEWA
BP jamsostek return to work
PUBLIKASI : BPJAMSOSTEK Cabang Depok telah memasang media publikasi di lingkungan kantor. BPJAMSOSTEK Cabang Depok terus memaksimalkan program RTW atau kembali bekerja. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Para pekerja perusahaan yang mengalami kecelakaan kerja fatal hingga cacat fisik, rentan menganggur akibat perusahaannya tidak bersedia mempekerjakan kembali. Maka itu, perlu adanya jaminan perlindungan sosial bagi pekerja, dan komitmen perusahaan untuk mendukung program Return to Work (RTW) atau kembali bekerja dari BPJAMSOSTEK.

Program RTW ini merupakan manfaat tambahan dari Program BPJAMSOSTEK Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), yang diwujudkan dalam bentuk pendampingan bagi peserta yang mengalami musibah kecelakaan kerja yang mengakibatkan cacat atau berpotensi cacat.

Rangkaian tata laksana penanganan kasus kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja terdiri atas pelayanan  kesehatan, rehabilitasi, dan pelatihan agar pekerja dapat kembali kerja. Melalui RTW, pekerja yang telah terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK dijamin untuk dapat kembali kerja pasca kecelakaan.

“Selama ini, program Return to Work belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para peserta BPJAMSOSTEK,” ungkap Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Depok, Indra Iswanto.

Di BPJAMSOSTEK Cabang Depok, sudah 512 badan usaha yang telah berkomitmen mendukung program RTW, dan telah melaksanakan tiga kasus pendampingan RTW untuk peserta yang mengalami JKK dan saat ini pekerjanya telah kembali bekerja.

“Pekerja kembali ke perusahaan dengan pekerjaan yang sama ada satu orang, pekerja kembali¬† ke perusahaan sama tapi beda pekerjaan ada dua orang,” tutur Indra.

BPJAMSOSTEK sangat mengapresiasi atas komitmen badan usaha dalam mendukung program RTW, dan sebagai bentuk untuk menciptakan awareness serta eksistensi program RTW kepada masyarakat.

“BPJAMSOSTEK Cabang Depok telah memasang media publikasi di lingkungan kantor,” tutup Indra. (rd/gun)

 

Jurnalis : M. Agung HR

Editor : Pebri Mulya