kegiatan DPUPR kota depok
KERUK : Excavator milik DPUPR Kota Depok, tengah melakukan pengerukan di Situ Jatijajar, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, beberapa waktu lalu. FOTO : DICKY/RADAR DEPOK
kegiatan DPUPR kota depok
KERUK : Excavator milik DPUPR Kota Depok, tengah melakukan pengerukan di Situ Jatijajar, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, beberapa waktu lalu. FOTO : DICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Hujan deras yang mulai mengguyur wilayah Kota Depok, telah di prediksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok. Guna mencegah terjadinya banjir saat musim penghujan, DPUPR Kota Depok melakukan normalisasi kali dan situ.

Sekretaris DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti mengatakan, pihaknya telah berusaha melakukan langkah antisipasi banjir saat musim penghujan. Mengingat hal tersebut, DPUPR Kota Depok telah memanfaatkan musim panas untuk dilakukan normalisasi kali dan situ di Kota Depok.

“Kami sudah melakukan langkah antisipasi salah satunya dengan normalisasi kali dan situ,” ujar Citra Indah Yulianti kepada Radar Depok, Selasa (22/09).

Citra Indah Yulianti menjelaskan, sejumlah situ dan kali yang dilakukan normalisasi, yakni Kali angke, Kali krukut, Setu jatijajar, dan saat ini Situ Cilodong sedang dilakukan normalisasi bersama anggota TNI. Untuk mempercepat penanganan, DPUPR Kota Depok menurunkan empat excavator guna melakukan pengerukan sedimen lumpur di dalam situ maupun kali.

Tidak hanya itu, lanjut Citra Indah Yulianti, DPUPR Kota Depok menyiagakan empat regu Satgas Banjir. Satu regu Satgas Banjir terdiri dari 10 orang yang nantinya akan membantu penanganan banjir yang dilaporkan masyarakat. Mengantisipasi dan mencegah terjadinya banjir, bukan hanya dilakukan DPUPR Kota Depok. Kesadaran masyarakat merupakan salah satu cara guna membantu pencegahan banjir. Masyarakat dapat melakukan pencegahan dengan membersihkan saluran air dan tidak membuang sampah ke dalam saluran air.

“Sampah yang dibuang ke dalam saluran dapat mengakibatkan pendangkalan kali dan situ,” tutup Citra Indah Yulianti. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto

Editor : Pebri Mulya