IRWAN/RADAR DEPOK BUKA SAMPAI MALAM : Gedung Diskarpus Kota Depok yang berada di kawasan Balaikota Depok buka Sabtu hingga malam.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok menyatakan kalau dunia literasi di Kota Depok tia tahunnya meningkat. Hal itu didasari dari jumlah kunjungan masyarakat ke Perpustakaan Umum Kota Depok yang terus meningkat.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, Perpustakaan Kota Depok pada tahun 2019 mengalami peningkatan kunjungan masyarakat. Dengan dasar itu, pihaknya pun menyatakan adanya peningkatan minat baca masyarakat, khususnya kalangan pelajar di Kota Depok.

“Sebelum pandemi virus Korona (Covid-19) banyak masyarakat meminjam buku di Perpustakaan Kota Depok,” ujar Siti Chaerijah Aurijah, Kamis (17/09).

Siti Chaerijah Aurijah menjelaskan, pada 2018 kunjungan masyarakat ke Perpustakaan Kota Depok mencapai 63,94 persen dan gemar membaca 55,04 persen. Namun pada 2019 mengalami peningkatan mencapai 64,88 persen dan gemar membaca sebanyak 55,66 persen. Penilaian tersebut berdasarkan hasil survei Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Siti Chaerijah Aurijah mengungkapkan, pada saat ini kunjungan ke e-Perpus Kota Depok dinilai cukup banyak. Tercatat mulai dari 15 Juni hingga 13 September mencapai 252 kunjungan.

Guna meningkatkan partisipasi masyarakat melakukan kunjungan, pihaknya memberikan hadiah berupa buku, pernak pernik perpustakaan dan tas jinjing untuk tiga orang pertama pengunjung ke Diskarpus Kota Depok.

Siti Chaerijah Aurijah menuturkan, pihaknya akan terus berusaha meningkatkan minat baca masyarakat Kota Depok. Menurutnya, dengan membaca banyak wawasan dan ilmu pengetahuan yang didapat melalui membaca buku pengetahuan.

“Kami bersama pegiat literasi terus berusaha meningkatkan minat baca masyarakat Kota Depok, khususnya terhadap pelajar di Kota Depok,” tutup Siti Chaerijah Aurijah. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto

Editor : Pebri Mulya