Geliat DEEP di Pilkada 2020 : Resmi Daftar Sebagai Pemantau, Siap Kritisi Penyimpangan

In Politika
peran DEEP di pilkada depok
DAFTAR : Komisioner KPU Kota Depok, Mahadi Rahman Harahap menerima DEEP Kota Depok sebagai pendaftar sebagai Pemantau Pemilu di Kantor Sekretariat KPU Kota Depok, Jalan Kartini, Nomor 19 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

Perhelatan Pilkada tidak hanya menjadi tugas penyelenggara untuk menggelar dan mengawasi jalannya pesta demokrasi. Seperti  Democracy And Elektoral Empowerment Partnership (DEEP) Kota Depok yang ambil bagian dengan mendaftar sebagai pemantau Pemilu ke Kantor Sekretariat KPU Kota Depok, Jalan Kartini, Nomor 19 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas.

Laporan : Ricky Juliansyah.

RADARDEPOK.COM – DEEP merupakan organisasi yang memiliki konsentrasi isu Pemilu, seperti pendidikan pemilih dan pemantauan. Bahkan, kerap mengirimkan hasil observasi dan pemantauan mereka ke media untu membuka wawasan khalayak.

Baru-baru ini, DEEP Kota Depok melakukan audiensi dengan lembaga penyelenggara Pemilu yang saat ini diketuai Nana Shobarna.   Kunjungan yang ditemui Komisioner KPU Kota Depok, Mahadi Rahman Harahap juga sekaligus mendaftakan diri sebagai pemantau Pilkada di wilayah Kota Depok.

“Pemantauan pikada adalah bagian penting dalam mengawal  proses demokrasi  agar Pilkada Kota Depok 2020 menghasilkan Pilkada yang berintegritas dan berkualitas,” kata Koordinator Dartah DEEP Kota Depok, Fajri Syahiddinillah.

Pemantauan dan pengawasan Pemilu, kata Fajri –sapaannya- prinsipnya adalah seperti katalisator, yakni mendukung kebijakan penyelenggara  bila itu benar. Namun, akan mengkritis jika dipandang kurang benar. Sebab, pada hakikatnya, pemantau itu sebagai pengontrol agar terjamin Pilkada langsung yang jujur, adil, transparan, akuntabel dan sesuai bingkai per Undang-undangan yang berlaku.

Melihat di Pilkada Depok 2015, pemilih yang ikut serta dalam pemilihan sekitar 56 persen, ini belum bisa dibilang memuaskan. Terlebih di 2020 dilaksanakan di masa pandemi Covid-19.  Tentu  merupakan sebuah potensi kerawanan turunnya partisipasi aktif masyarakat.

Untuk itu, DEEP Kota Depok sebagai pemantau yang fokus kerja-kerjanya adalah  pendidikan pemilih berharap pendidikan pemilih dapat dimasifkan. Sehingga, mewujudkan partsipasi aktif masyarakat di tiap tahapan Pilkada.

1 of 2

You may also read!

idris ziarah ke makam

Idris Ziarah ke Makam Tokoh Cipayung

DOA : Walikota Depok, Mohammad Idris (kanan) berziarah ke makam tokoh masyarakat Cipayung, H M

Read More...
perpups depok buka lagi

Perpustakaan Umum Depok Akhirnya Dibuka

PERPUSTAKAAN : Setelah 2 minggu tutup, Perpustakaan Umum Kota Depok dibuka kembali mulai hari ini

Read More...
kantor kelurahan ke posyandu

Kantor Kelurahan Pindah ke Posyandu

KOMPAK : Lurah Duren Seribu, Suhendar bersama stafnya, di Gedung Posyandu RW2, Kelurahan Duren Seribu,

Read More...

Mobile Sliding Menu