cimacan galuh 3
BERPRESTASI: Anggota Perguruan silat Cimacan Galuh Mekar saat menjuarai Festival Pencak Silat Walikota Cup. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK
cimacan galuh 3
BERPRESTASI : Anggota Perguruan silat Cimacan Galuh Mekar saat menjuarai Festival Pencak Silat Walikota Cup. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK

 

Saat ini cukup sulit mencari sarana dan prasarana, seperti tanah lapang untuk berlatih maupun belajar pencak silat. Gerakan pencak silat dianggap membutuhkan ruangan yang lebih luas. Namun, hal itu tidak menjadi sebuah hambatan bagi Perguruan Silat Cimacan Galuh Mekar. Perguruan ini malah menghasilkan sejumlah prestasi.

Laporan: Rubiakto

RADARDEPOK.COM – Untuk berprestasi kita harus melawan keterbatasan, bukan berarti karena tak memiliki fasilitas kemudian kita berhenti berlatih. Namun, dari keterbatasan inilah perguruan Silat Cimacan Galuh Mekar Cinere mampu meraih prestasi gemilang di tingkat Kota Depok.

Tidak memiliki tempat latihan khusus, perguruan silat Cimacan Galuh Mekar makin intens berlatih. Meski harus tetap menyesuaikan dengan kondisi tempat latihan, mulai dari lapangan bulutangkis hingga memanfaatkan halaman sekolah.

Terbukti dari beberapa event pencak silat yang dilaksanakan di Kota Depok, Cimacan Galuh Mekar mampu memberikan prestasi membanggakan.

Dewan Guru PS Cimacan Galuh Mekar, Maulana menceritakan tentang pengalamannya melatih diberbagai perguruan.

“Saya melatih silat sudah kemana-mana, dan selalu ada keinginan mempelajari jurus Cimacan Galuh Mekar,” ucap Maulana.

Ada delapan jurus yang menjadi andalan Cimacan Galuh Mekar, dengan jurus tersebut pendekar mampu melumpuhkan orang menggunakan tangan kosong. Maulana juga pernah diminta mengajar silat di beberapa batalyon TNI.

“Saya pernah diminta mengajar prajurit TNI, ada beberapa kesatuan yang pernah saya latih,” kata Maulana.