kelurahan sehat kecamatan pancoranmas
PELATIHAN : Kelurahan Rangkapan Jaya, Pancoranmas, mengadakan Kegiatan Pokja Kelurahan Sehat dengan mengundang kader dari RW1 hingga RW19, Kamis (18/09). FOTO : YASMINE/RADAR DEPOK
kelurahan sehat kecamatan pancoranmas
PELATIHAN : Kelurahan Rangkapanjaya, Kecamatan Pancoranmas, mengadakan Kegiatan Pokja Kelurahan Sehat dengan mengundang kader dari RW1 hingga RW19, Kamis (18/09). FOTO : YASMINE/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, RANGKAPANJAYA – Kelurahan Rangkapan Jaya, Pancoranmas, mengadakan Kegiatan Pokja Kelurahan Sehat dengan mengundang kader dari RW1 hingga RW19, Kamis (18/09). Poinnya, membahas tentang tatanan kota sehat dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Ketua Forum Kecamatan Sehat (FKKS), Syafril Arsyad mengatakan, tujuan dari kegiatan ini, mewujudkan Kota Depok yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni. FKKS dan Pokja Sehat merupakan stakeholder untuk pelaksanaan kegiatan kota sehat ini.

“Kegiatan meliputi sinergitas antara pemerintah dan gerakan masyarakat,” ujarnya kepada Radar Depok.

Ia menuturkan, ciri kota yang mampu meraih Swasti Saba Wistara, yakni memenuhi tujuh dari sembilan tatanan kota sehat.

Nah, dikarenakan Kota Depok tidak memiliki potensi pada tambang dan hutan, kira-kira dapat mencakupi 70 persen kecamatan sehat. Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan di bidang kesehatan lingkungan yang diberikan kepada kota atau kabupaten, yang telah menyelenggarakan tujuh tatanan penilaian.

“Harapannya Kota Depok di masa yang akan datang, dapat memenuhi 8 tatanan kota sehat,”  ungkap Syahril.

Sementara itu, sambung dia, sosialisasi PHBS juga menekankan masalah Covid-19 dan protokol kesehatan. “Seperti seusai bekerja langsung membersihkan diri untuk memutuskan rantai Covid-19 dan mematuhi 3M,” terang dia kepada Radar Depok.