Kemenag Siapkan Bimbingan Nikah Daring

In Metropolis
Kepala Kemenag Kota Depok, Asnawi.
Kepala Kemenag Kota Depok, Asnawi.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kendati Pandemi Covid-19, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok tetap melayani pasangan yang ingin ijab qobul. Salah satunya, Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kota Depok melayani permohonan pencatatan nikah yang diajukan masyarakat.

Kepala Kemenag Kota Depok, Asnawi mengatakan, selama pandemi layanan pencatatan nikah tetap berlangsung. Sejalan dengan itu, pihaknya juga terus berupaya agar program Bimbingan perkawinan Calon Pengantin (Binwin Catin). Ini merupakan bagian dari rangkaian layanan pencatatan nikah.

“Bimwin ini program penting untuk memperkuat ketahanan keluarga. Oleh karenanya di masa pandemi ini, pihaknya sedang menunggu Ditjen Bimas Islam yang sedang memempersiapkan program bimwin secara daring,” kata Asnawi kepada Radar Depok, Kamis (3/9).

Menurutnya, Binwin perlu diikuti calon pengantin karena program tersebut memberi bimbingan. Dan pelatihan tentang pengetahuan  serta keterampilan hidup dalam berumahtangga.

“Binwin juga memberi pengetahuan dalam menghadapi permasalahan perkawinan, dan keluarga,” tegasnya.

Dia menjelaskan, Binwin akan diisi fasilitator yang sudah terlatih, yaitu penghulu dan penyuluh KUA, tenaga kesehatan, PLKB, atau praktisi perkawinan dan keluarga. Nantinya, Program Binwin secara daring dilaksanakan di KUA Kecamatan dan Kemenag Kab/Kota. Setelah mendaftar di KUA, akan dibuatkan Whatssapp Grup dengan jadwal yang disepakati dengan calon pengantin.

“Dalam WA Grup akan diikuti 40 pasang calon pengantin dan seorang fasilitator,” tandasnya. (rd/rub)

 

Jurnalis : Rubiakto

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

kecelakaan jalan kartini

Bruukk..! Pesepeda Motor Mendadak Jatuh di Jalan Kartini

NGANTUK : Kecelakaan Motor di depan Ruko Kartini Jalan Kartini Raya, Kecamatan Pancoranmas. Minggu (18/10).

Read More...
katar PGS disinfektan

Dua Pekan Sekali, Katar PGS Semprot Disinfektan

GIAT : Karang Taruna (Katar) Pasir Gunung Selatan (PGS) menyemprot disinfektan di lingkungan RW 1,

Read More...

Lurah Jatijajar Bantah Karena Politik Ketua RW2 Terpilih Tidak Dikukuhkan

Lurah Jatijajar, Sugino.   RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR - Terkait dugaan adanya keterkaitan penolakan pengukuhan RW 2 Jatijajar dengan

Read More...

Mobile Sliding Menu