Keramat Sambi Bisa jadi Cagar Budaya

In Satelit Depok
keramat sambi cagar budaya
MENJELASKAN : Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, Turiman, saat berada di Padepokan SMB Keramat Sambi, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CISALAK – Sanggar Budaya Keramat Sambi yang terletak di Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, terus menjadi perhatian untuk kemudian diubas statusnya menjadi cagar budaya Kota Depok.

“Kami sudah memberikan surat rekomendasi ke Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok. Ini tugas penting buat pemerintah, untuk memperhatikan situs yang berpotensi menjadi cagar budaya,” ungkap Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, Turiman kepada Radar Depok, saat menyambangi Keramat Sambi, Selasa (15/09)

Wakil rakyat yang membidangi kebudayaan dan pendidikan ini menyatakan, surat rekomendasi sengaja dikeluarkan, untuk menindaklanjuti status Keramat Sambi.

“Kami di DPRD sifatnya hanya merekomendasikan. Kalau soal eksekusi itu ada di pemkot beserta jajarannya,” ungkap Turiman.

Ia menerangkan, ini kedua kalinya, dirinya mengunjungi Keramat Sambi. Sebelumnya sudah ada perencanaan untuk melakukan pelestarian budaya di lokasi ini. Keramat Sambi yang terdapat Padepokan Satria Muda Betawi (SMB), memang butuh sentuhan untuk dilakukan pengkajian lebih dalam agar statusnya naik menjadi cagar budaya.

“Mungkin anggaran untuk kajian terbatas. Jadi bisa jadi dilakukan tahun depan, karena kuotanya baru,” terang Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Depok ini.

Lebih lanjut, ia melihat action pemerintah dalam memberikan perhatian kepada sanggar atau kebudayaan, masih lemah. Alhasil, beberapa sanggar dan para pelaku seni budaya mulai menjerit.

“Sampai saat ini, saya belum menerima hasil kerja soal seni atau budaya yang masuk ke meja Komisi D,” paparnya.

Menurutnya, perhatian yang diberikan bukan dalam hal yang mewah, seperti anggaran pembinaan, baik yang berbadan hukum maupun belum. Namun lebih kepada, ruang-ruang untuk para pelaku seni budaya memperkenalkan seni budaya kepada masyarakat.

1 of 2

You may also read!

satgas disiplin protokol kesehatan

Satgas Disiplin Protokol Kesehatan Diperkuat

SIAP BEKERJA : Kapolrestro Depok, Kombes Azis Andriansyah, saat membentuk Satgas Penegak Disiplin Protokol Kesehatan

Read More...
Anggota Formatur Penyusunan Kepengurusan Katar Kota Depok, Achmad Syaifullah

Dianggap Cacat Aturan, Jayadi Harus Mundur dari Ketua Katar Depok

Anggota Formatur Penyusunan Kepengurusan Katar Kota Depok, Achmad Syaifullah.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Sebelum nasi jadi bubur.

Read More...
peresmian puskesmas di depok

Puskesmas Jatijajar-Sukmajaya Punya Gedung Baru

GIAT : Walikota Depok, Mohamad Idris menandatangani prasasti dalam peresian Puskesmas yang berlokasi di Perumahan

Read More...

Mobile Sliding Menu