ketua KPU depok nana sobarna
Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna.
ketua KPU depok nana sobarna
Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menargetkan jumlah partisipasi pemilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mencapai 77,5 persen.

“Kami targetkan untuk partisipasi pemilih di Pilkada ini 77,5 persen,” ungkap Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna kepada Radar Depok.

Sementara itu, seiring bertambahnya kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kota Depok, sejumlah pihak mengusulkan agar tahapan Pilkada serentak ditunda. Terkait hal itu, Nana menegaskan, akan tetap patuh pada pimpinan di pusat.

“Kami sebagai penyelenggara di daerah akan patuh pada perintah pimpinan kami di pusat. Sampai saat ini tidak ada perintah bagi kami untuk menunda,” tutur Nana.

KPU Depok hingga saat ini sedang menyiapkan untuk kegiatan penetapan Pasangan Calon (Paslon) yang akan digelar pada 23 September 2020. Tetapi untuk lokasi penetapan, pihaknya masih mempertimbangkan lokasi.

“Penetapan paslon tanggal 23 bulan ini, kami masih pertimbangkan lokasinya dimana. Saat ini sedang menyiapkan teknis acaranya saja,” terang Nana.

Ketika ditanya mekanisme kampanye paslon di masa pandemi ini, ia menyebutkan telah ada di Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2020. Di sisi lain, kantor KPU Kota Depok tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Terpisah, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan beberapa kalangan mengusulkan adanya penundaan tahapan Pilkada serentak. Usulan tersebut disampaikan mengingat masih tingginya penularan Covid-19 di tanah air. Menanggapi hal tersebut‎ Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), I Dewa Kade Wiarsa Raka‎ mengatakan, pihaknya akan tetap melanjutkan tahapan Pilkada yang saat ini sudah berlangsung.