Beranda Metropolis Lebih Dekat dengan Franky Sadikin : Basis Depok Pengiring Artis Ibukota (1)

Lebih Dekat dengan Franky Sadikin : Basis Depok Pengiring Artis Ibukota (1)

0
Lebih Dekat dengan Franky Sadikin : Basis Depok Pengiring Artis Ibukota (1)
IRINGI ARTIS : Franky Sadikin saat menjadi pengiring musik Afgan. FOTO : ISTIMEWA
franky sadikin
IRINGI ARTIS : Franky Sadikin saat menjadi pengiring musik Afgan. FOTO : ISTIMEWA

 

Kota Depok ternyata memiliki segudang musisi kenamaan di ibukota. Salah satu musisi yang tak asing dikalangan pecinta musik tanah air adalah Franky Kurniadi Sadikin, yang dikenal sebagai pembetot bass handal.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM – Di dalam rumah bereklir putih, di samping Sekolah Luar Biasa (SLB) Pangkalanjati, Kecamatan Cinere. Seorang pria berkepala plontos dengan kaos oblong hitamnya sedang mendengar hasil rekaman musik yang sedang dia buat.

Musik yang tengah diputar dari sebuah komputer tersebut, terdengar sangat jazzy, dengan sentuhan slap dan chop yang kental. Ya, pria itu adalah Franky Sadikin, seorang musisi instrumental yang sudah sejak lama memilih untuk tinggal di Kota Belimbing.

Sambil menghentikan lantunan musiknya di perangkat komputer, Franky mengatakan, dia sudah menekuni dunia musik sejak tahun 90-an. Berawal dari seorang guru musik di hilangan Rawamangun, Jakarta Timur.

“Saya sebelumnya ngajar bass di Chicks musik, Purwa Caraka dan Institut Musik Indonesia,” kata Franky, Senin (31/08).

Sesaat Franky mengambil sebatang rokok putih dari bungkusnya. Dia memantik api dari korek gas untuk menghidupkan sebatang rokok yang diselipkan di kedua jarinya. Setelah menyala, dia mengela nafas panjang sembari menghisap asap rokok pekat tersebut.

Dia menuturkan, pada 2001 dia beralih menjadi musisi profesional dengan turun langsung untuk tampil dari panggung ke panggung.

“Bari di tahun 2007 saya menjadi musisi pengiring artis-artis ibukota, “tuturnya.