Menengok Aktivitas Iblam Edu Garden : Miliki Kebun Hydroponik Ramah Anak (1)

In Metropolis
iblam edu garden
HIDROPONIK : Berkebun dengan metode hidroponik kini sudah mulai dikembangkan di Kota Depok, salah satunya dipelopori oleh Yayasan Tunas Iblam, yang terletak di Jalan Raden Sanim, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji. FOTO : YUNIAR/RADAR DEPOK

 

Ada keunikan tersendiri ketika kita mulai mengenalkan bercocok tanam dengan metode hydroponik, kepada anak-anak. Meraka tak perlu khawatir lagi tangannya kotor, karena berkebun dengan metode ini tak memerlukan media tanah.

Laporan: Yuniar Dwi Setiawati

RADARDEPOK.COM – Berkebun yang ramah anak ini rupanya diterapkan oleh Yayasan Tunas Iblam yang terletak di Jalan Raden Sanim, Tanah Baru, Kecamatan Beji. Dengan label Iblam Edu Garden, memiliki slogan Fresh and Hygienic Hydroponic Vegetables.

Iblam Edu Garden didirikan pada 2019, digagas Asri Mulyanita sebagai Ketua Yayasan Tunas Iblam. Dan dimotori manajer kebun, Kartini, serta konsultan dan desainer kebun, Asep Agro.

Pengembangan dan pemeliharaan kebun hydroponik ini dianggap sangat mudah. Terpenting rutinitas, volume, dan kepekatan nutrisi tanaman terus dikontrol. Alhasil tanaman pun sering dipanen.

Konsultan dan desainer kebun Iblam Edu Garden, Asep Agro menuturkan, awalnya kebun dibuat untuk mengedukasi anak-anak sekolah. Kemudian berkembang karena banyak masyarakat yang ingin mengetahui dalam pengelolaan kebun hydroponik. Bahkan sejumlah organisasi hingga lembaga berkunjung dan ikut belajar.

“Anak sekolah lain juga berkunjung, bahkan ada juga seperti SD Negeri Anyelir 1 yang menjadikan aktivitas berkebun dengan metode hydroponik ini sebagai ekstrakurikulernya,” tutur Asep kepada Radar Depok, Jumat (11/09).

Selain itu Iblam Edu Garden yang ramah anak ini juga difungsikan sebagai sarana estetika lingkungan, agar terlihat indah dengan tanaman yang beraneka warna dan jenisnya.

“Saat ini, tanaman yang dibudidayakan ada pakcoy, sawi, selada, seledri, bayam dan kangkung,” tambahnya.

1 of 2

You may also read!

Kapolsek sukmajaya naik pangkat

Jelang Malam Tahun Baru, Polsek Sukmajaya Tumpengan

TUMPENGAN: Kenaikan Pangkat Kapolsek Sukmajaya, dengan prosesi pemotongan tumpeng di Mapolsek Sukmajaya, Kamis (31/12).  FOTO

Read More...
Tahun baru sukmajaya-cilodong

Malam Tahun Baru di Sukmajaya-Cilodong Dipantau

SIAP : Apel Persiapan Pengamanan Malam Tahun Baru di Mapolsek Sukmajaya, Kamis (31/12). FOTO :

Read More...
Pln

PLN UP3 Depok Perkuat Pasokan Jelang Tahun Baru

PANTAU : Petugas tengah bersiaga memperkuat pasokan listrik, pada malam tahun baru. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu