taman pintar PMMD 2
TINGKATKAN PENDIDIKAN: Pengurus PMMD sedang memberikan materi pelajaran kepada anak-anak didik di Taman Pintar PMMD. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
taman pintar PMMD 2
TINGKATKAN PENDIDIKAN: Pengurus PMMD sedang memberikan materi pelajaran kepada anak-anak didik di Taman Pintar PMMD. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

Meski membuka lembaga bimbingan secara gratis untuk warga sekitarnya, pengurus Taman Pintar Perkumpulan Muda Mudi Depok (PMMD) terus menunjukkan keseriusannya dalam membangun yayasan tersebut.

Laporan: Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM – Siang itu, Ketua Yayasan Taman Pintar PMMD, Mohamad Kahfie menyeruput kopi hitam di cangkir keramik berukuran mungil.

Ketika dia meletakkan kembali cangkirnya itu ke atas meja, dia melanjutkan ceritanya. PMMD memiliki visi dan misi yang jelas untuk meningkatkan mutu pendidikan anak-anak di wilayah Kecamatan Sawangan dan Bojongsari.

“Visi dan misi berdirinya taman baca masyarakat ini adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, agar berharkat dan bermartabat demi tercapainya cita-cita luhur keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, menjunjung tinggi nilai kemanusian dengan tercapainya keberhasilan pendidikan jasmani dan rohani,” tutur Kahfi.

Sebelum berdirinya yayasan ini, dia mengaku banyak menemukan persoalan pendidikan yang menyebabkan kurang maksimalnya kualitas pendidikan anak di wilayah tersebut.

Menurutnya, belum adanya forum atau kelompok strategis yang mendesain tentang perpustakaan masyarakat di wilayah Sawangan. Kemudian belum ada pusat pembelajaran di luar kegiatan pendidikan formal, baik berupa tempat permainan bersama maupun tempat berdiskusi.

“Serta masih berseraknya buku-buku atau dokumentasi tertulis tentang kondisi sosial dan kebudayaan masyarakat, khususnya kondisi masyarakat sekitar Sawangan, yang merupakan pusat pendidikan pesantren mulai dulu hingga sekarang,” ucapnya.