webinar dari UI
SEMINAR ONLINE: Seminar online Smart City dan Covid-19 relevansinya dengan ibu kota negara pasca pandemi. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK
webinar dari UI
SEMINAR ONLINE : Seminar online Smart City dan Covid-19 relevansinya dengan ibu kota negara pasca pandemi. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Fenomena pandemi Covid-19 mendatangkan disrupsi pada berbagai lini kehidupan manusia, salah satunya pada bidang arsitektur dan desain.

Normal baru yang tercipta sebagai respons atas pandemi, menimbulkan perubahan perilaku individu maupun kelompok di ruang publik. Pandemi Covid-19 membuat banyak orang, termasuk profesi arsitek dan perencana kota memprediksi seputar kondisi saat ini maupun ke depannya. Apakah pascapandemi tradisi berkumpul akan luntur? Bagaimana menyajikan tempat kehidupan manusia yang sehat, nyaman dan aman?

Berangkat dari tantangan tersebut, para akademisi, arsitek dan perencana kota yang tergabung dalam Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menggagas sebuah seminar online bertajuk Smart City dan Covid-19: Relevansinya dengan Ibu Kota Negara Pasca Pandemi, pada Jumat (4/9).

Forum ilmiah ini diadakan untuk mendiskusikan beragam pertanyaan dan permasalahan yang timbul sebagai akibat adanya pandemi Covid-19. Seminar online ini merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Departemen Arsitektur FTUI.

“Pandemi ini menjadi kesempatan baik bagi kita untuk kembali mendefinisikan rancangan sebuah kota (redesign) yang baik, agar sesuai dan siap dengan fenomena pandemi, khususnya pada Ibu Kota Negara,” ungkap Pakar Perancangan Kota Departemen Arsitektur FTUI, Antony Sihombing.

Para ahli dan perancang kota tentunya punya visi bagaimana proses penyesuaian itu akan tetap menjaga bahkan meningkatkan kualitas Ibu Kota Negara yang baru. Selain itu, konsep smart city tentunya memainkan peranan penting dalam kehidupan di era new normal. Penggunaan Information Technology (IT) dan Artificial Intelligence (AI) yang semakin maju tentunya turut menentukan kota-kota di masa depan.