Beranda Metropolis Pasanggiri Depok Beres, 72 Juara Dikukuhkan

Pasanggiri Depok Beres, 72 Juara Dikukuhkan

0
Pasanggiri Depok Beres, 72 Juara Dikukuhkan
JUARA : Tim juri Pasanggiri tingkat Kota Depok sedang memberikan penilaian kepada peserta secara virtual. FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK
pasanggiri tingkat SD SMP
JUARA : Tim juri Pasanggiri tingkat Kota Depok sedang memberikan penilaian kepada peserta secara virtual. FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pasanggiri tingkat Kota Depok untuk jenjang SD dan SMP telah selesai dihelat. Juara-juara dari tiap mata lomba pun sudah digengam untuk enam mata lomba dari tiap jenjang pendidikan.

Ketua Pasanggiri tingkat Kota Depok jenjang SD dan SMP, Engkoy Rukoyah mengatakan, mata lomba yang digelar, yakni maca sajak, kawih, pupuh, ngadongen, biantara, dan maca jeung nulis aksara sunda. Dari tiap mata lomba tersebut, dibedakan lagi berdasarkan kategori putra dan putri. Dari tiap mata lomba diambil juara satu sampai tiga, jadi totalnya ada 72 siswa yang menjadi juara

“Mereka yang berlomba di Pasanggiri jenjang SD, adalah siswa yang telah menjadi juara di tingkat kecamatan. Sedangkan untuk jenjang SMP adalah perwakilan dari SMP-nya, tidak berdasarkan kecamatan,” ucapnya kepada Radar Depok.

Total peserta yang ikut dalam Pasanggiri tingkat Kota Depok untuk jenjang SD ada 295 peserta, sedangkan untuk yang SMP ada 230 peserta. Itu menunjukan antusias sekolah untuk menyertakan siswanya ikut pasanggiri meski diadakan secara virtual.

“Tetapi ditahun ini, hanya sampai di tingkat Kota Depok saja, karena di Jawa Barat-nya tidak mengadakan perlombaan untuk siswa,” terangnya.

Engkoy berharap, dengan adanya Pasanggiri, seni dan sastra sunda tetap lestari di kalangan siswa. Karena, mereka adalah penerus bangsa yang tentunya harus mengenal  seni dan budaya tempatnya mereka berada.