Pelatihan Teknologi CFD untuk Praktisi, Profesional, dan Civitas Akademis

In Ruang Publik

pelatihan CFD artikel

 

Oleh : Candra Damis Widiawaty

 

SEIRING perkembangan teknologi pada dunia industri, terutama perihal perancangan, reverse engineering dan proses optimasi, maka para praktisi dan akademisi membutuhkan perangkat teknologi berupa Computational Fluid Dynamics (CFD). Pada dasarnya, CFD adalah sebuah model dalam bentuk perangkat lunak yang dibangun dari susunan model persamaan matematika yang dapat menampilkan aliran fluida secara kuantitatif. Dalam pengembangannya di masa depan, diharapkan teknologi CFD ini dapat berintegrasi dengan konsep Revolusi Industri 4.0.

Keunggulan dari program CFD ialah kemampuannya dalam mendeskripsikan fenomena aliran pada tekanan dan suhu tinggi yang sulit untuk dilakukan dengan metode eksperimen. Dengan keunggulan inilah, maka program CFD banyak digunakan oleh kalangan akademisi, peneliti dan praktisi industri. Sekalipun memiliki keunggulan yang sangat baik, akan tetapi pengguna tetap harus memiliki keterampilan dan pengetahuan khusus untuk memperoleh hasil simulasi yang akurat.

Salah satu perangkat lunak CFD adalah CFDSOF yang dikembangkan oleh PT CCIT Grup Indonesia. Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2004 ini mengembangkan perangkat lunak CFD yang mudah digunakan, memiliki akurasi tinggi dan dapat diinstal pada komputer dengan spesifikasi medium. Berdasarkan keunggulannya, maka perangkat lunak hasil karya anak bangsa ini diharapkan mampu bersaing dengan perangkat lunak produk luar negeri. Dalam pengembangan dan penerapannya di masa datang, PT CCIT Grup Indonesia senantiasa termotivasi untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam bidang keilmuan dan terapan CFD, mekanika fluida, perpindahan panas dan berbagai ilmu lainnya.

Dalam rangka pengembangan sumber daya manusia yang akan selalu mengembangkan dan menerapkan CFDSOF ini maka diadakan pelatihan “Edukasi Teknologi CFD untuk Praktisi Profesional dan Sivitas Akademis”. Pelatihan ini adalah salah satu bentuk pengabdian masyarakat sebagai wujud sinergi antara Universitas Indonesia sebagai fasilitator sosialisasi dan edukasi teknologi CFDNG pada praktisi dan akademisi. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan konstribusi berupa peningkatan wawasan dan keterampilan praktisi dan akademis dalam memanfaatkan teknologi CFD.

Pengabdian Masyarakat dengan Skema IPTEKS Bagi Masyarakat diharapkan mampu mendukung “Enam Kebijakan Pemerintah Opimalkan Teknologi untuk Pembangunan RI,” yaitu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar dapat beradaptasi dengan kebutuhan kerja masa depan dan mengintegrasikan riset, desain, dan pengembangan dengan modernisasi industri dan sector produktif lainnya.

1 of 3

You may also read!

demokrat siap menangkan idris imam

Menangkan Idris-Imam, Demokrat Siap Gerakan Anak Cucu Ranting

KOALISI : Ketua DPC Partai Demokrat Kota Depok, Edi Sitorus bersama bakal calon wakil walikota,

Read More...
kondisi jalan raya sawangan ramai

Arus Lalu Lintas Sawangan Padat Merayap

PADAT : Sejumlah kendaraan memadati Jalan Raya Sawangan dengan pintu tol Desari Sawangan 4, Kecamatan

Read More...
KPU saat idris imam daftar

KPU Depok Minta Maaf Saat Idris-Imam Daftar Pilkada

PRESCON : Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna didampingi paket pasangan dan ketua partai dari

Read More...

Mobile Sliding Menu