Pengamat: 95 Persen Petahana Jadi Rival

In Politika
pengamat asep
Pengamat Politik dan Pemerintahan dari Universitas Parahyangan, Prof Asep Warlan Yusuf.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Gelaran Pilkada serentak di sejumlah daerah akan digelar pada 9 Desember 2020, termasuk di Kota Depok. Diprediksi petahana akan saling berhadapan di pesta demokrasi tahun ini.

Dua nama petahana tersebut yaitu Mohammad Idris yang berpasangan dengan Imam Budi Hartono, kemudian Pradi Supriatna didampingi Afifah Alia.

Terkait hal itu, Pengamat Politik dan Pemerintahan dari Universitas Parahyangan, Prof Asep Warlan Yusuf menilai, dalam Pilkada di Indonesia hampir 95 persen pasangan Walikota dan Wakil Walikota berpisah akan menjadi rival. Hanya lima persen saja yang kembali berpasangan.

“Berdasarkan fakta yang terjadi, lebih berpeluang untuk menang itu walikotanya daripada wakil. Karena memiliki akses lebih,” ucap Prof Asep kepada Radar Depok.

Ia melanjutkan, ada tiga hal yang menjadi modal utama kepala daerah jika ingin maju kembali. Di antaranya walikota lebih dikenal, dan komunikasi dengan tingkat atas lebih dominan. Kemudian parpol pendukung lebih dominan, dan walikota memiliki modal politik lebih besar.

“Tapi berbagai kemungkinan masih saja bisa terjadi, itu tidak mutlak. Dalam politik semua bisa terjadi,” terangnya.

Prof Asep menyontohkan, wakil memiliki gagasan besar, namun selalu terganjal oleh walikota itu bisa saja terjadi. “Isu tersebut bisa saja digulirkan untuk dipolitisasi, nanti hasilnya tinggal dilihat di pemilu,” tegasnya.

1 of 2

You may also read!

kecelakaan jalan kartini

Bruukk..! Pesepeda Motor Mendadak Jatuh di Jalan Kartini

NGANTUK : Kecelakaan Motor di depan Ruko Kartini Jalan Kartini Raya, Kecamatan Pancoranmas. Minggu (18/10).

Read More...
katar PGS disinfektan

Dua Pekan Sekali, Katar PGS Semprot Disinfektan

GIAT : Karang Taruna (Katar) Pasir Gunung Selatan (PGS) menyemprot disinfektan di lingkungan RW 1,

Read More...

Lurah Jatijajar Bantah Karena Politik Ketua RW2 Terpilih Tidak Dikukuhkan

Lurah Jatijajar, Sugino.   RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR - Terkait dugaan adanya keterkaitan penolakan pengukuhan RW 2 Jatijajar dengan

Read More...

Mobile Sliding Menu