klinik belajar SMAN 3 Depok
KHIDMAT: Suasana pelaksanaan upacara bendera di SMA Negeri 3 Kota Depok, Jalan Raden Saleh Sukmajaya. Insert: Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) para siswa tampak aktif belajar. FOTO : HUMAS SMANTI FOR RADAR DEPOK
klinik belajar SMAN 3 Depok
ILUSTRASI : Suasana pelaksanaan upacara bendera di SMA Negeri 3 Kota Depok, Jalan Raden Saleh Sukmajaya. FOTO : DOC. RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Mata pelajaran sejarah di jenjang pendidikan SMA dan sederajat, oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) rencananya menjadi tidak wajib dipelajari siswa.

Dimana, untuk siswa kelas X, mata pelajaran sejarah akan digabungkan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sedangkan untuk kelas XI dan XII, mata pelajaran sejarah masuk dalam kelompok peminatan yang tidak bersifat wajib.

Hal itu tertuang dalam rencana penyederhanaan kurikulum dan akan diterapkan Maret 2021. Bahkan menjadi bahan yang akan disosialisasikan penyederhanaan kurikulum dan asesmen nasional.

Padahal, dalam kurikulum 2013 yang diterapkan selama ini, mata pelajaran Sejarah Indonesia harus dipelajari dan terpisah dari mata pelajaran lainnya.

Berikut mata pelajaran wajib bagi siswa SMA kelas X dalam kurikulum yang disederhanakan.

  1. Pendidikan Agama
  2. PPKn
  3. Bahasa Indonesia
  4. Matematika
  5. IPA
  6. IPS
  7. Bahasa Inggris
  8. Seni dan Prakarya
  9. Pendidikan Jasmani
  10. Informatika
  11. Program Pengembangan Karakter

Kemudian untuk siswa kelas XI dan XII SMA/sederajat, mata pelajaran sejarah juga tidak wajib dipelajari. Berikut mata pelajaran wajib bagi siswa kelas XI dan XII kelompok IPA, IPS, bahasa dan vokasi.