Beranda Satelit Depok Pernikahan di Cimanggis Turun 30 Persen

Pernikahan di Cimanggis Turun 30 Persen

0
Pernikahan di Cimanggis Turun 30 Persen
Mohamad Irfan.
mohamad irfan
Mohamad Irfan.

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Sejak pandemi Covid-19, pengajuan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ciamnggis juga terdampak. Penurunannya hingga 30 persen.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cimanggis, Mohamad Irfan menuturkan, target menikah dalam setahun yaitu 1persen dari jumlah masyarakat yang ada.

“Tahun-tahun biasanya, disini kami mencatat hingga 1.400 warga yang menikah. Namun, ditengah pendemi ini penurunan terjadi hingga 30persen, dari Januari hingga September jumlah yang tercatat ada kurang lebih 900 pasangan,” ucapnya saat disambangi Radar Depok, Selasa (29/09).

Dirinya menjelaskan, ini terjadi karena memang adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga banyak yang menunda pernikahan.

“Apalagi, pada saat PSBB pertama, itu tidak boleh melakukan akad nikah di luar KUA, sehingga penurunan pasti terjadi, saat ini sudah diperbolehkan asal tetap mematuhi protokol kesehatan,” tuturnya.

Tidak hanya itu, selama pandemi Covid-19 juga ada persyaratan yang tidak digunakan, yaitu surat keterangan sehat yang di keluarkan oleh Puskesmas setempat.

“Untuk persyaratan sekunder, seperti surat sehat memang saat ini Puskesmas tidak mengeluarkan, karena mungkin fokus pada penanganan Covid-19. Tetapi, itu tidak menjadi masalah, karena hanya persyaratan sekunder, asalkan persyaratan utamanya dari RT, RW, Kelurahan terpenuhi maka akan kami terima,” jelasnya.