Pilkada Depok, ASN Bisa Mengarah Berpolitik Praktis

In Politika

ilustrasi PNS ASN indonesia

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok, sejumlah partai politik mulai memanaskan mesin guna meraup suara masyarakat untuk memenangkan Pasangan Calon (Paslon) yang di usung. Namun, jangan lupakan Aparatur Sipil Negara (ASN). Mengingat, Paslon yang maju pada Pilkada Kota Depok kali ini merupakan petahana yang duduk di kursi empuk Walikota dan Wakil Walikota.

Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno mengatakan, banyak Pilkada termasuk di Kota Depok, ASN pasti menjadi instrumen pemenangan. Hal itu dikarenakan ASN umumnya memiliki jejaring yang cukup kuat di bagian bawah.

“Maka siapapun yang maju di Pilkada Kota Depok pasti kecenderungannya memanfaatkan ASN, sebagai salah satu instrumen kemenangan mereka dengan jejaring dan soliditas yang mereka punya itu,” ujar Adi Prayitno, Senin (8/9).

Adi Prayitno mengungkapkan, ASN pada Pilkada Kota Depok tanpa diajak pun memiliki kecenderungan genit untuk mendukung salah satu Paslon. Hal itu disebabkan belum terdapat sanksi yang tegas guna memberikan efek jera kepada ASN yang nakal bermain politik, seperti dipecat atau dipidana. Sehingga apabila ASN ketahuan mendukung salah satu kandidat baik secara terbuka maupun tertutup, tidak pernah kapok. Hal itu disebabkan ASN akan menduga sanksi yang diterima berupa teguran atau teguran tertulis.

Pria yang menjabat Direktur Eksekutif Parameter Politik menjelaskan, apabila terdapat aturan yang tegas ASN haram berpolitik, dapat dipastikan ASN tidak dapat dijadikan sebagai mesin pemenangan. selain itu, ASN kerap tarik menarik menjadi mesin partai, guna memudahkan ASN naik jabatan dari Paslon yang akan menang.

“Ketiga hal tersebut yang akan menjelaskan dan bukan hanya di Depok, namun di tempat ASN sangat rentan untuk dimobilisasi, rentan tarik menarik oleh dua kepentingan calon yang sedang bertanding,” terang Adi Prayitno.

1 of 2

You may also read!

bunga jalan margonda

Depok Memperpanjang Pembatasan Kegiatan Usaha, Berikut Rinciannya

Aktifitas pengendara dan masyarakat di Jalan Raya Margonda, Kota Depok. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM, DEPOK

Read More...
pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...
imam bertemu pendukung

Idris-Imam Selalu Tepati Janji Kampanye

DUKUNGAN : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat sosialisasi di

Read More...

Mobile Sliding Menu