pradi ketemu erik tohir
SAPA : Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna (kiri) saat berbincang dengan Menteri BUMN, Erick Thohir, saat menghadiri Operasi Yustisi Penggunaan Masker dan Pilkada 2020 Aman, Polda Metro Jaya, Kamis (10/09).

 

pradi ketemu erik tohir
SAPA : Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna (kiri) saat berbincang dengan Menteri BUMN, Erick Thohir, saat menghadiri Operasi Yustisi Penggunaan Masker dan Pilkada 2020 Aman, Polda Metro Jaya, Kamis (10/09). FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK Entah sampai kapan Covid-19 akan merajalela. Kondisi ini tentu mesti dipersiapkan matang oleh pemerintah daerah. Di Kota Depok, pemerintah sudah menyiapkan berbagai langkah. Selain menekan penyebaran, hal yang mesti diperhatikan ialah sektor ekonomi dan pangan.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, sejauh ini Pemkot Depok selalu mengikuti hal-hal yang diinstruksikan oleh pemerintah pusat.

“Sudah harus tahu titik mana dan kluster mana. Hal-hal di lingkungan seperti apa Covid-19 mudah menyebar. Kita sudah harus menyimpulkan,” ungkap Pradi saat menghadiri Operasi Yustisi Penggunaan Masker dan Pilkada 2020 Aman, Polda Metro Jaya, Kamis (10/9).

Bakal Calon Walikota Depok ini melanjutkan, perlu juga melakukan modifikasi dalam manajemen krisis. Misalnya dalam perlindungan diri. Biasanya yang lumrah dilakukan ada 3M : Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. “Nah kalau saya, ditambah jadi 4M. Menjaga wudhu,” terang Ketua DPC Partai Gerindra Kota Depok ini.

Kemudian, upaya antisipasi krisis ekonomi. Pradi menerangkan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Yang mendasar, APBD dipersiapkan untuk langkah preventif kesehatan.

Lalu, sambungnya, persiapan untuk krisis pangan. Tidak hanya sekedar memberikan bantuan secara langsung, namun tetap juga melakukan langkah lain. Misalnya, memanfaatkan lahan yang ada : milik pemerintah atau swasta, untuk ditanam bibit produktif jangka pendek.

“Hasilnya dapat diberikan untuk masyarakat. Tentu hal ini bisa menggelorakan gerakan untuk menanam. Kita (Kota Depok) memiliki lahan yang cukup luas,” terang pasangan Afifah Alia di Koalisi Depok Bangkit tersebut.