Produksi Tanaman Dipengaruhi Musim

In Metropolis
lahan pertanian di depok
PENYULUHAN : Penyuluhan pertanian di Kota Depok, masyarakat dapat memanfaatkan sistem hidroponik untuk menanam sayur dan buah. FOTO : YUNIAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Produksi tanaman dinilai sangat dipengaruhi musim. Misalnya musim kemarau, tidak semua lahan pertanian ditanami. Dari 85 hektar lahan yang ada di Kota Depok, beberapa lahannya sengaja tidak ditanami karena pengairannya belum memadai.

Menyikapi hal itu, Kabid Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Hermin Kusmiati menuturkan, ada tanaman yang tidak bisa tumbuh subur tanpa adanya hujan. Di antaranya sayur-sayuran. Walaupun kebutuhan airnya sedikit, tetap saja perlu hujan.

“Jika lahan pertanian di Depok tidak bisa memproduksi banyak tanaman, khususnya makanan pokok. Maka yang sering terjadi adalah tanaman diimpor dari kabupaten atau kota sekitarnya,” tuturnya.

Hermin menambahkan, dari lahan pertanian dan tanaman yang diproduksi juga hasilnya belum maksimal untuk mencukupi kebutuhan pangan penduduk.

“Jika itung-itungan, hasil kita sekarang malah minus, paling tidak hanya bisa mencukupi kebutuhan pangan beberapa keluarga. Dari lahan 85 hektar, misalnya tanam padi setahun 2 kali, dan per hektarnya bisa memproduksi 5-6 ton, itu hasilnya masih jauh dari ketentuan stok pangan yang harusnya disediakan Kota Depok,” ujar Hermin kepada Radar Depok, Selasa (8/9).

Maka dari itu, beberapa solusi pertanian modern sudah diupayakan. Salah satunya, dengan memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami tanpa menggunakan media tanah.

“Sekalipun ada tanaman yang memakai media tanah, itu pakainya poly bag. Tapi lahan pekarangan tidak bisa dijadikan target yang menghasilkan. Itu hanya soal kebijakan pemerintah saja untuk mendukung ketersediaan pangan keluarga,” tambah Hermin.

Tidak hanya itu, ternyata di Depok ini juga marak adanya penyuluhan pertanian yang diinisiasi oleh Dinas terkait. Menariknya, salah seorang warga Leuwinanggung, Nita Asmirandah (23) mengaku, senang ketika ada penyuluh yang datang ke lingkungan rumahnya.

1 of 2

You may also read!

Kapolsek sukmajaya naik pangkat

Jelang Malam Tahun Baru, Polsek Sukmajaya Tumpengan

TUMPENGAN: Kenaikan Pangkat Kapolsek Sukmajaya, dengan prosesi pemotongan tumpeng di Mapolsek Sukmajaya, Kamis (31/12).  FOTO

Read More...
Tahun baru sukmajaya-cilodong

Malam Tahun Baru di Sukmajaya-Cilodong Dipantau

SIAP : Apel Persiapan Pengamanan Malam Tahun Baru di Mapolsek Sukmajaya, Kamis (31/12). FOTO :

Read More...
Pln

PLN UP3 Depok Perkuat Pasokan Jelang Tahun Baru

PANTAU : Petugas tengah bersiaga memperkuat pasokan listrik, pada malam tahun baru. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu