razia masker di jembatan UI
DISIPLIN : Razia masker yang dilakukan Satpol PP Kota Depok dan Polres Metro Depok di Jembatan UI yang merupakan perbatasan dengan DKI Jakarta. FOTO : ISTIMEWA
razia masker di jembatan UI
DISIPLIN : Razia masker yang dilakukan Satpol PP Kota Depok dan Polres Metro Depok di Jembatan UI yang merupakan perbatasan dengan DKI Jakarta. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satpol PP Kota Depok bekerjasama dengan Satpol PP DKI jakarta untuk memberantas penyebaran virus Korona (Covid-19) di kawasan Jabodetabek. Kedua instansi pemerintah tersebut, mengadakan operasi gabungan untuk menindak masyarakat yang tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Sekretaris Satpol PP Kota Depok, Ferry Birowo mengatakan, kerjasama razia masker diadakan di kawasan perbatasan, yakni di Jalan Akses UI.

“Pelanggar yang tidak mengenakan masker kami tindak ada 62 orang,” ujar Ferry Birowo kepada Radar Depok, Minggu (6/9).

Ferry Birowo menjelaskan, secara umum masyarakat yang melintas sudah mengenakan masker, tetapi masih ada saja segelintir orang yang tidak mengenakan masker dan harus diberikan sanksi sesuai wilayah penindakan.

Apabila pelanggar terjaring di wilayah Kota Depok, Satpol PP Kota Depok akan memberikan penindakan. Namun, apabila penindakan dilakukan diwilayah DKI Jakarta, akan di tindak Satpol PP DKI Jakarta.

Untuk pelanggar di wilayah Kota Depok akan dikenakan sanksi sebesar Rp50 ribu atau sanksi sosial. Untuk masyarakat yang terjaring Satpol PP DKI Jakarta, akan dikenakan sanksi sebesar Rp250 ribu sesuai Pergub DKI Jakarta No51 Tahun 2020.

Selain itu, lanjut Ferry Birowo, operasi gabungan yang terjaring 62 pelanggar di Jalan Akses UI merupakan gabungan penindakan dari Satpol PP Kota Depok ada 32 pelanggar, dan Satpol PP DKI Jakarta ada 30 pelanggar. Pelanggar tersebut diberikan sanksi sosial dan sanksi denda. Untuk sanksi denda diberikan sesuai wilayah operasi dan akan menjadi kas daerah sesuai wilayah operasi penindakan.