Direktur Utama RSUD Kota Depok, Devi Mayori
Direktur Utama RSUD Kota Depok, Devi Mayori
Direktur Utama RSUD Kota Depok, Devi Mayori
Direktur Utama RSUD Kota Depok, Devi Mayori

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mengingat ketersediaan tempat tidur pasien virus Korona (Covid-19) di RSUD Kota Depok hampir penuh, RSUD Kota Depok akan melakukan langkah strategis. Rencananya RSUD Kota Depok akan meminta penambahan Ruang HCU dan ICU.

Dirut RSUD Kota Depok, Devi Mayori mengatakan, seiring bertambahnya pasien Covid-19 yang ditangani RSUD Kota Depok, mengakibatkan tersediaan tempat tidur hampir penuh. Mengingat hal tersebut, RSUD Kota Depok akan memproses penambahan tempat tidur.

“Kami juga mengagendakan penambahan ruang HCU dan ICU,” ujar Devi Mayori, Sabtu (12/09).

Devi Mayori menjelaskan, penambahan HCU dan ICU RSUD Kota Depok dikarenakan rumah sakit rujukan semakin sulit, serta terjadi angka lonjakan penderita Covid-19 di Kota Depok. RSUD Kota Depok menyediakan dua HCU dan ICU untuk penanganan dan perawatan Covid-19. Menurutnya, hal tersebut diluar dugaan karena beberapa waktu lalu telah terjadi penurunan, namun kini pasien Covid-19 meningkat kembali.

Devi Mayori mengungkapkan, penambahan HCU dan ICU di RSUD Kota Depok memerlukan proses dan tahapan waktu, sehingga di prediksi tidak dapat segera direalisasi dengan cepat. Selain itu, penambahan tersebut harus seiring dengan penambahan tenaga medis. Tenaga medis yang melakukan penanganan khusus Covid-19, harus mengikuti pelatihan hingga tiga pekan, guna memenuhi standar dalam penanganan di HCU dan ICU.

“Hitungannya penanganan ICU itu satu perawat satu pasien dan memiliki pembekalan kompetensi, karena berbeda dengan perawatan di ruang biasa,” tutup Devi Mayori. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto

Editor :Pebri Mulya