tentang rumah cimanggis terkini
CAGAR BUDAYA: Rumah Cimanggis sudah masuk sebagai Cagar Budaya dan siap untuk direvitalisasi oleh Kementerian PUPR. FOTO : YUNIAR/RADAR DEPOK
tentang rumah cimanggis terkini
CAGAR BUDAYA : Rumah Cimanggis sudah masuk sebagai Cagar Budaya dan siap untuk direvitalisasi oleh Kementerian PUPR. FOTO : YUNIAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera merevitalisasi Rumah Cimanggis di September 2020. Mengingat Detail Engineering Design (DED) sudah dikerjakan pada tahun sebelumnya.

Perlu diketahui, Rumah Cimanggis yang sudah masuk dalam kategori cagar budaya ini berada di dalam area pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Kasi Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Ahmad Fadillah menuturkan, barang berharga yang sebenarnya yaitu rumah Cimanggis itu sendiri. “Rumah itu saja yang kita coba lestarikan,” ujarnya kepada Radar Depok, Minggu  (5/9).

Saat ini, Disporyata juga menempatkan dua petugas khusus yang bekerja dengan sistem shift untuk memelihara rumah Cimanggis tersebut. Misalnya, rutin memasang lampu, memotong rumput dan membersihkan area rumah. “Itupun mereka disana juga dibangunkan pos jaga, hanya saja tidak permanen,” tambahnya.

Selain itu, petugas khusus ini difungsikan menyambut mereka yang berkunjung dengan mengantongi izin dari Disporyata. Izin bisa didapatkan melalui surat permohonan yang sebelumnya sudah diajukan ke Disporyata.

Kabid Kebudayaan dan Pengembangan Pariwisata di Disporyata Kota Depok, Tatik Wijayati menuturkan, sebenarnya izin itu diberlakukan supaya pengunjung tersebut kehadirannya bisa diawasi. Apalagi mengingat kondisi bangunan yang mungkin dapat mengakibatkan kecelakaan.

“Intinya, rencana teknis dan anggaran sudah disiapkan tinggal action revitalisasinya saja. Makanya sebelum direvitalisasi, kita bisa pakai berfoto, kalau mau,” katanya kepada Radar Depok.