minyak jelantah di curug
GIAT : Pengumpulan sedekah minyak jelantah, di wilayah Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
minyak jelantah di curug
GIAT : Pengumpulan sedekah minyak jelantah, di wilayah Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

CIMANGGIS – Aksi nyata menyelamatkan lingkungan dari limbah, Kampung Cerdas Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ) bentuk program sedekah minyak jelantah bagi masyarakat.

Ketua Kampung Cerdas yang juga anggota LPM Kelurahan Curug, Rinaldi menuturkan program ini merupakan sebuah aksi penyelamatan lingkungan dan kesehatan, dimana jika minyak jelantah ini dibuang sembarangan maka dapat berdampak pada kerusakan tanah dan ekosistem air tanah.

“Sedangkan, jika di konsumsi dapat menyebabkan kolesterol dan penyakit jantung. Nah, dari situ maka kampung cerdas bersama LAZ Zakat sukses membuat program sedekah minyak jelantah, program ini merupakan program awalan terkait ide besar terbentuknya RW Sukses Berdaya, dimana setiap RW dapat melakukan penyelesaian masalah ekonomi dan pemberdayaan lingkungan, seperti untuk santunan guru ngaji, anak yatim dan ide besarnya pemberdayaan ekonomi berbasis lingkungan,” ucapnya kepada Radar Depok, Minggu (6/9).

Ia menjelaskan, cara untuk menarik warga, Kampung Cerdas bersama Rumah Keluarga Indonesia membuat program Jumat Berkah, yaitu bersedekah sayur-sayuran, lauk dan buah. Sehingga, warga nya bersedekah minyak lalu Kampung cerdas sedekah sayuran untuk warga yang bersedekah.

“Pola sedekah minyak jelantah ini, yakni Ibu Rumah Tangga (IRT) mengumpulkan minyak jelantah dalam botol, setiap bulannya mensedekahkan minyak tersebut ke titik kumpul yang sudah disepakati, untuk saat ini kita di rumah RW atau Bank Sampah yang menjadi mitra,” jelasnya.

Targetnya, setiap RT membentuk titik kumpul sedekah, tetapi memang untuk saat ini masih menargetkan memiliki titik kumpul setiap RW.