Beranda Metropolis Selamat Datang Musim Kebakaran di Kota Depok

Selamat Datang Musim Kebakaran di Kota Depok

0
Selamat Datang Musim Kebakaran di Kota Depok
PADAMKAN API : Petugas pemadam kebakaran Kota Depok memadamkan api yang melahap bangunan. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
selamat datang musim kebakaran
PADAMKAN API : Petugas pemadam kebakaran Kota Depok memadamkan api yang melahap bangunan. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK–September tak lagi ceria. Yang ada khalayak malah harus berhati-hati. Teriknya matahari, dinilai dapat memicu terjadinya kebakaran selain arus pendek listrik. Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Depok, di Juli dan Agustus ada belasan peristiwa kebakaran.

Kepala Seksi Penanggulangan Kebakaran Disdamkar Kota Depok, Tesy Haryati mengungkapkan, kebakaran di Depok banyak disebabkan arus pendek atau korsleting listrik. Pada Juli 2020, didapati 11 kasus kebakaran dengan satu orang luka-luka dan total kerugian mencapai Rp305 juta.

Menurutnya, Agustus-September 2020 kegagalan pada instalasi listrik, tampaknya masih mendominasi potensi kebakaran. Apalagi, jika pemilik bangunan lalai mengganti kabel listrik selama 10 tahun. Data Agustus sedang direkap, bisa belasan kasus kebakaran. Karena ada beberapa bantuan pemadaman ke wilayah tetangga.

“Tentu kualitas kabel akan menurun bahkan rusak, sehingga pasti sering korslet,” katanya kepada Radar Depok, Senin (21/08).

Terkait cuaca panas seperti sekarang, kata Tesy, aktivitas membakar sampah dan rumput kering juga dapat menyebabkan kebakaran. Ditambah lagi, yang sembrono membuang puntung rokok sembarangan. Tak hanya itu, Tesy juga menyebut, beberapa kawasan padat penduduk rentan terjadi kebakaran. Misalnya di Sukmajaya, Cimanggis, Beji dan Pancoranmas.

“Kawasan padat penduduk ini memang cepat memicu api menjalar ke bangunan sebelahnya,” tegasnya.

Perlu diketahui pula, Tesy pun pernah mendapati warga yang terpanggang karena saat kebakaran. Warga tersebut sedang sakit dan seorang diri di lokasi kebakaran. Kemudian, ada juga yang terjebak di dalam rumah, yang terbakar karena tidak bisa membuka kunci.