Seperti ‘El Clasico’, Negative Campaign Boleh, Black Campaign Jangan

In Politika
idris imam pradi afifah
Muhammad Idris – Imam Budi Hartono dan Pradi Supriatna – Aifah Alia. GRAFIS : BUDI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pilkada Kota Depok menjadi pertarungan layaknya antara kurawa dan Pandawa. PKS yang mendominasi Kota Depok selama 15 tahun dan menyodorkan kembali Pasangan Mohammad Idris-Imam Budi Hartono, berusaha dirubuhkan dengan Partai Politik lain dengan mengusung Pradi Supriatna-Afifah Aliyah. Namun pada start awal pendaftaran, politik Kota Depok telah diwarnai dengan Black Campaigne.

Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno mengatakan, Pilkada Kota Depok sudah klimaks dan menjadi akumulatif. Beredarnya video salah satu elit partai politik dan spanduk PKI perjuangan di Kota Depok, Adi Prayitno berpendapat terdapat keinginan untuk mengganti dominasi PKS.

“Kan lagi keras-kerasnya ini PDI Perjuangan melawan PKS di mana-mana sekarang. Ini klimaks pertarungan ideologi PDIP kalau mau disederhanakan seperti itu,” ujar Adi Prayitno, Senin (7/9).

Adi Prayitno menjelaskan, akan ada dan selalu muncul dinamika politik kalau sudah masuk dalam fase Pilkada. Munculnya spanduk dengan menyebutkan PKI perjuangan, merupakan black campaign dan menjurus ke fitnah, karena di Indonesia tidak ada PKI perjuangan. Namun, Adi Prayitno menafsirkan PKI perjuangan di maksud guna menyindir salah satu partai. Hal itu sudah masuk dalam black campaign yang menjurus pada fitnah dan dapat diproses secara hukum.

Lanjut Adi Prayitno berpendapat, negatif campaigne diperbolehkan. Adi Prayitno mencontohkan, dengan menuding Mohammad Idris tidak memiliki kemajuan di Depok, misalnya bidang ekonomi atau infrastruktur. Nantinya yang melakukan negative campaigne tinggal menunjukan bukti, namun apabila tidak dapat menunjukan bukti, menjadi hoax. Negative campaign merupakan penyampaian realitas secara politik apa yang terjadi, namun negatif bagi orang yang ditunjuk.

Adi Prayitno menambahkan, black campaign merupakan tuduhan tanpa bukti sehingga bermasalah secara hukum dan dapat dikenakan pidana atau sanksi, oleh KPU, DKPP dan Bawaslu. Terkait video Edi Sitorus dan kader Demokrat bilang mendukung Pradi, merupakan bagian dari agitasi dan propaganda untuk mempengaruhi psikologi politik pemilih. Begitupun dengan adanya sebutan partai PKI perjuangan, merupakan memprovokasi Depok yang selama ini memang dikenal sebagai basis pemilih Islamnya PKS.

1 of 2

You may also read!

bunga jalan margonda

Depok Memperpanjang Pembatasan Kegiatan Usaha, Berikut Rinciannya

Aktifitas pengendara dan masyarakat di Jalan Raya Margonda, Kota Depok. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM, DEPOK

Read More...
pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...
imam bertemu pendukung

Idris-Imam Selalu Tepati Janji Kampanye

DUKUNGAN : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat sosialisasi di

Read More...

Mobile Sliding Menu