avicenna jagakarsa supervisi
SEMANGAT BELAJAR: Para siswa SMA Avicenna Jagakarsa sedang melangsungkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bersama guru, dan Kepala SMA Avicenna Jagakarsa, Muqorobin. FOTO : ISTIMEWA
avicenna jagakarsa supervisi
SEMANGAT BELAJAR : Para siswa SMA Avicenna Jagakarsa sedang melangsungkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bersama guru, dan Kepala SMA Avicenna Jagakarsa, Muqorobin. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Salah satu tugas dalam kepemimpinan pembelajaran adalah melaksanakan supervisi akademik. Untuk melaksanakan supervisi akademik secara efektif diperlukan keterampilan konseptual, interpersonal, dan teknikal. Hal itu pula yang dilakukan oleh SMA Avicenna Jagakarsa.

Kepala SMA Avicenna Jagakarsa, Muqorobin menuturkan, supervisi akademik di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan meliputi beberapa tindakan. Di antaranya memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan pembelajaran kreatif, inovatif, pemecahan masalah, berpikir kritis dan naluri kewirausahaan.

“Kemudian membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan di sekolah, atau mata pelajaran di sekolah berlandaskan standar isi, standar kompetensi, kompetensi dasar, dan prinsip pengembangan kurikulum,” ungkap Muqorobin kepada Radar Depok, Selasa (8/9).

Tindakan lainnya, yaitu membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi, metode, teknik pembelajaran, bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa. Selanjutnya membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran atau bimbingan di kelas, laboratorium, atau di lapangan untuk mengembangkan potensi siswa.

“Ada pula membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan, menggunakan media pendidikan, dan fasilitas pembelajaran. Serta memotivasi guru memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran,” pungkasnya. (rd/gun)

 

Jurnalis : M. Agung HR

Editor : Pebri Mulya