petani tanaman janda bolong depok
BUDIDAYA : Paul mengecek tanaman hias di kebun tanaman hiasnya di Kelurahan/Kecamatan Bojongsari, Kamis (17/09). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK
petani tanaman janda bolong depok
BUDIDAYA : Paul mengecek tanaman hias di kebun tanaman hiasnya di Kelurahan/Kecamatan Bojongsari, Kamis (17/09). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebuah rumah yang terletak di wilayah Kelurahan/Kecamatan Bojongsari, memang terlihat biasa. Namun, setelah memasuki halaman bagian belakang, sejumlah tanaman hias jenis Aroid atau Aracea tersusun rapi sesuai jenisnya.

Terlihat seorang pria sedang meniti tanaman hias dan sesekali menyiram tanaman hias Aracea. Setelah ditelisik, pria tersebut Tatang Kosasih pemilik Boganapotplans yang membudidayakan tanaman hias.

Tatang Kosasih mengatakan,, dirinya sudah membudidaya tanaman hias sejak tahun 2006 atau saat ramainya tanaman hias antorium.

Tatang Kosasi awalnya mengaku senang melakukan budidaya dan sesekali menjual tanaman hiasnya kepada peminat. Setelah dilihat hasilnya cukup menjanjikan, Tatang Kosasih pun mulai menekuni tanaman hias dan dijadikan bisnis untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Saat ini harga tanaman hias mengacu kepada dolar, sehingga menjadi daya tarik saya sebagai bisnis tanaman hias,” ujar pria yang kerap disapa Paul kepada Radar Depok.

Pria yang kerap mengenakan topi tersebut menjelaskan, budidaya tanaman hias yang berada di belakang rumahnya merupakan kumpulan tanaman Aroid atau kumpulan tanaman dari Araceae. Umumnya tanaman yang dibudidayakan merupakan original dari wilayah Amerika latin.

Araceae milik Paul terdiri dari monsteroideae, philodendrone, antorium, aglaonema, alokasia, dan jenis tanaman lainnya. Menurutnya, tanaman jenis Araceae terlihat biasa di Indonesia, namun seiring berjalannya waktu dan banyak petani melakukan budidaya, mengalami perubahan dan menimbulkan minat masyarakat terhadap tanaman hias. Apalagi saat permintaan dari luar negeri masuk ke Indonesia, tanaman tersebut mengalami peningkatan.

Paul menuturkan, untuk merawat tanaman miliknya, tidak ada perlakukan khusus yang dilakukan, namun Paul selalu menjaga kondisi suhu tanaman. Mengingat tanaman jenis Aroid merupakan tanaman kuat sehingga Paul hanya memberikan air, peptisida guna mencegah hama, dan menjaga suhu tanaman.