TIK PNJ Bangun Jaringan Internet Gratis Di Krukut

In Pendidikan
TIK PNJ pengmas
RINGANKAN BEBAN : Dosen dan Mahasiswa TIK PNJ usai membuat jaringan internet gratis di RT2/6, Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, (13/8). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pandemi virus Korona (Covid-19) memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan masyarakat di Kota Depok, salah satunya sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan Work From Home (WFH). Guna memudahkan dan meringankan beban masyarakat, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Negeri Jakarta (TIK PNJ) membangun jaringan internet di lingkungan RT2/6, Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo.

Ketua Jurusan TIK PNJ, Mauldy Laya mengatakan, ditengah pandemik Covid-19, dampak besar cukup dirasakan masyarakat, mulai dari pendidikan anak sekolah hingga pekerja yang WFH. Terlebih, anak sekolah saat ini melakukan pembelajaran jarak jauh yang membutuhkan jaringan internet, begitupun dengan pekerja yang melakukan WFH.

“Untuk itu, melalui pengabdian masyarakat TIK PNJ berusaha membantu pengadaan internet guna memudahkan anak sekolah maupun pekerja,” ujar Mauldy Laya kepada Radar Depok, Selasa (8/9).

Mauldy Laya menjelaskan, pembuatan jaringan internet sudah dilaksanakan TIK PNJ sejak 13 Agustus yang disaksikan langsung aparatur kelurahan dan pengurus lingkungan. Pemasangan jaringan internet dilakukan lima mahasiswa dengan menempatkan satu rumah warga guna dapat memberikan jaringan internet di lingkungan RT2/6. Jaringan internet yang dibangun TIK PNJ diberikan secara gratis kepada warga dan dapat digunakan sejak Agustus hingga Desember 2020.

Mauldy Laya mengungkapkan, pelaksanaan pembuatan jaringan internet merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguran Tinggi. Sebagai satuan dari perguruan tinggi, terdapat tiga fungsi utama, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat,” terang Mauldy Laya.

Mauldy Laya menuturkan, pandemi covid-19 menimbulkan masalah baru terhadap keluarga di Indonesia khususnya di Kota Depok, yakni ketergantungan terhadap internet yang semakin tinggi. Akan kebutuhan tersebut, tidak semua masyarakat mampu membeli kuota internet untuk kebutuhan anak pembelajaran maupun pekerja. Mengingat hal tersebut, TIK PNJ terdorong untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Pembuatan jaringan internet gratis, lanjut Mauldy Laya, dapat memberikan manfaat yang luas, khususnya untuk warga di lingkungan RT2/6. Dengan begitu, di lingkungan tersebut siswa dapat mengikuti PJJ dan warga pekerja dapat dimudahkan dengan jaringan internet, sehingga membantu melaksanakan pekerjaan dari rumah.

“Apabila diakhir tahun masyarakat ingin memperpanjang, dapat dilakukan kolektif antar warga karena biaya yang dikeluarkan lebih murah dari pada membeli paket internet pribadi,” ucap Mauldy Laya.

Sementara itu, Lurah Krukut, Rohman Tohir mengapresiasi kepada TIK PNJ yang telah membantu kebutuhan masyarakat, yakni jaringan internet. Apalagi, dengan adanya PJJ untuk siswa sekolah, dan WFH untuk pekerja, dapat meringankan beban kebutuhan masyarakatb RT2/6.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu warga yang membutuhkan sehingga warga tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih mengingat konsumsi internet saat ini yang semakin meningkat karena pandemi,” tutup Rohman Tohir. (rd/dic)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

bunga jalan margonda

Depok Memperpanjang Pembatasan Kegiatan Usaha, Berikut Rinciannya

Aktifitas pengendara dan masyarakat di Jalan Raya Margonda, Kota Depok. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM, DEPOK

Read More...
pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...
imam bertemu pendukung

Idris-Imam Selalu Tepati Janji Kampanye

DUKUNGAN : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat sosialisasi di

Read More...

Mobile Sliding Menu