UI Bahas Penanganan Masalah Gizi

In Pendidikan
UI bahas gizi
SEMINAR ONLINE : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), melalui Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat, menyelenggarakan seminar online berjudul Gizi Untuk Bangsa IX: Penanganan Masalah Gizi di Era Pandemi. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pandemi COVID-19 merupakan masalah kesehatan yang berdampak pada seluruh sector, salah satunya ketahanan pangan dan status gizi jutaan orang di seluruh dunia.

Menyikapi hal tersebut, maka Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), melalui Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat, menyelenggarakan seminar online berjudul Gizi Untuk Bangsa IX: Penanganan Masalah Gizi di Era Pandemi.

Seminar online ini merupakan salah satu bentuk kontribusi FKM UI bagi negara untuk melakukan percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia melalui edukasi. Seminar GUB dilakukan secara virtual pada Senin (7/9) dengan Dr. Rr. Dhian Proboyekti Dipo, SKM, MA (Direktur Gizi Masyarakat, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI) sebagai keynote speaker yang membahas tentang Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Masalah Gizi di Era Pandemi.

Penerapan Public Health and Social Measures (PHSM) yang dilakukan membuat petani dan industri makanan pokok terpaksa menutup sementara atau membatasi aktivitas guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal ini tentu saja mengganggu ketersediaan pangan di pasar terutama di perkotaan.

“Penurunan masalah stunting yang prevalensinya masih tergolong tinggi tetap harus terus dilakukan di masa pandemi saat ini,” ungkap Dr. Dhian.

Selain itu lanjutnya, melalui arahan Presiden RI tentang percepatan stunting, ditetapkan sejumlah upaya yaitu: fokus penurunan stunting di 10 provinsi, diadakannya program perlindungan sosial, pelayanan kesehatan bagi ibu hamil maupun balita di puskesmas dan posyandu tetap berlangsung dan ditingkatkannya aspek promotif berupa edukasi, sosialisasi bagi ibu hamil dan keluarga untuk meningkatkan pemahaman pencegahan stunting.

“Penanggulangan stunting juga dilakukan melalui penguatan surveilans gizi di kabupaten atau kota,” tandasnya.

1 of 2

You may also read!

bunga jalan margonda

Depok Memperpanjang Pembatasan Kegiatan Usaha, Berikut Rinciannya

Aktifitas pengendara dan masyarakat di Jalan Raya Margonda, Kota Depok. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM, DEPOK

Read More...
pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...
imam bertemu pendukung

Idris-Imam Selalu Tepati Janji Kampanye

DUKUNGAN : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat sosialisasi di

Read More...

Mobile Sliding Menu