UI Jadi Pergurunan Tinggi Terbaik di Indonesia

In Pendidikan
gedung rektorat UI
ASRI : Suasana kampus Universitas Indonesia Kota Depok. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar World University Rankings (WUR) 2021 melalui laman https://www.timeshighereducation.com atau world-university-rankings.

Peringkat Universitas Indonesia (UI) berada dalam kelompok peringkat 801-1000 dunia dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia. UI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi dari Indonesia yang masuk ke dalam grup ini. Sebanyak 1.500 Perguruan Tinggi di 93 negara di dunia yang masuk ke dalam Pemeringkatan THE WUR 2021.

Lembaga pemeringkatan THE secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan Performa Pengajaran (kegiatan belajar mengajar); Penelitian; Transfer dan Sharing Keilmuan serta Cakupan Internasional sebuah universitas. UI memperoleh total skor 25,1–30,1 dengan capaian per indikator yaitu Performa Pengajaran dengan skor: 37,6; Penelitian: 20,7; Performa Sitasi Karya Ilmiah : 15,2; Sinergi dunia industri: 84,5; dan Cakupan internasionalisasi: 51,3.

Performa UI yang paling menonjol adalah performa sinergi dunia industri. THE menggunakan indikator ini untuk menilai kemampuan universitas di dalam mendukung industri melalui terobosan inovasi, penemuan maupun ide atas kebutuhan industri maupun masyarakat.

UI berfokus agar dapat menjadi think tank serta memecahkan permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Dengan fokus pada tiga rumpun penelitian yaitu penelitian kesehatan, sosial humaniora dan sains teknologi, UI berkomitmen menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi industri serta masyarakat.

“Ini merupakan pencapaian besar dan menunjukkan bahwa Indonesia dan UI khususnya, semakin dikenal masyarakat global dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia,” ungkap Rektor UI, Prof Aru Kuncoro.

Prof Ari melanjutkan, di tengah situasi pandemi Covid-19, UI tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan COVID-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat.

1 of 2

You may also read!

iklim la nina

Iklim La Nina Diperkirakan ‘Singgah’ di Kota Depok

ANTISIPASI LA NINA : Warga depok saat menggunakan payung mengantisipasi hujan. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...
bunga jalan margonda

Depok Memperpanjang Pembatasan Kegiatan Usaha, Berikut Rinciannya

Aktifitas pengendara dan masyarakat di Jalan Raya Margonda, Kota Depok. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM, DEPOK

Read More...
pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...

Mobile Sliding Menu