Kasi PHU Kemenag Kota Depok, Hasan Basri
Kasi PHU Kemenag Kota Depok, Hasan Basri.
Kasi PHU Kemenag Kota Depok, Hasan Basri
Kasi PHU Kemenag Kota Depok, Hasan Basri.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah melakukan penantian panjang, pemerintah Arab Saudi kembali mengizinkan para jamaah untuk melakukan ibadah umrah di Tanah Suci Mekah.

Arab Saudi menyatakan sejumlah lokasi dan transportasi sudah disiapkan, untuk melayani rombongan jamaah umrah yang akan datang ke Mekah. Bagaimana dengan jamaah dari Indonesia, khususnya Kota Depok?

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kota Depok, Hasan Basri menyebutkan, jumlah pendaftar haji dan umrah hingga Senin (05/10) terus bertambah.

Menurutnya, bagi yang baru mendaftar diharapkan bersabar. Karena Kemenag lebih memprioritaskan pendaftar yang tertunda keberangkatannya sejak adanya pandemi covid-19.

“Berdasarkan data, jumlah jamaah umrah yang tertunda berangkat ada 11.116 orang. Merekalah yang akan diprioritaskan berangkat ke tanah suci,” ungkap Hasan kepada Radar Depok, Senin (05/10).

Terkait prioritas jamaah umrah tersebut, Kemenag akan terlebih dahulu menyosialisasikan melalui biro perjalanan haji dan umrah serta travel-travel yang ada di Kota Depok.

Selain itu lanjut Hasan, pihaknya sudah menjadwalkan para calon jamaah haji di tahun depan untuk melakukan vaksinasi meningitis. Vaksin tersebut dapat dilakukan di puskesmas kecamatan masing-masing, mulai Oktober hingga November 2020.

“Jadi, untuk para calon  jamaah haji yang akan berangkat tahun depan akan di suntik vaksin meningitis tahun ini. Tahun depan sudah tidak perlu vaksin lagi,” jelasnya.