Aktivitas Taman Baca Melego : Sulap Tempat Pembuangan Sampah Jadi Taman Baca

In Utama
taman baca di kota depok
CERIA : Pengelola dan anak-anak Taman Baca Melego berfoto bersama. Sejumlah anak-anak juga tampak serius membaca sejumlah buku bacaan di Taman Baca Melego, yang terletak di Jalan Akses UI, Gang Dharma 1, Kelapa Dua, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. FOTO : PUTRI DISA/RADAR DEPOK

 

Ada hal menarik dan unik di Jalan Akses UI Nomor 47 RT02/RW09 Gang Dharma 1, tepat di depan Golden Stick Kelapa Dua, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Di tempat tersebut berdiri sebuah Taman Baca, yang dulunya dipakai tempat pembuangan sampah.

Laporan: Putri Disa Kiftiani – Depok

RADARDEPOK.COM – Siang itu waktu menunjukan pukul 13:00 wib, kami berkesempatan mengunjungi sebuah taman baca yang dulunya digunakan tempat pembuangan sampah. Kini tempat tersebut sudah berubah total, dan diberi label Taman Baca Melego.

Tiba di sana, langsung disambut ramah para pengurus Taman Baca Melego. Terdapat beberapa pohon di sudut-sudut tanah kosong, yang mengurangi panasnya siang itu. Diiringi suara nyanyian dan gitar berirama.

Salah satu pengurus mengawali percakapannya. Dimulai sejak Agustus 2019, Jojo yang merupakan figur sentral di Taman Baca Melego spontan berbincang dengan Aun, yang juga salah satu penggagas Taman Baca Melego.

Menurut mereka, dulu tanah lapang seberang toko (Melego Outdoor) yang isinya tumpukan sampah kondisinya cukup memprihatinkan. Tak hanya sampah yang terlihat, bahkan banyak tikus liar berkeliaran. Ditambah lagi polusi udara dan visual yang harus dihadapi warga sekitar.

Saat itu juga mereka memutuskan untuk menyulap tempat tersebut, menjadi tempat yang lebih bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Mereka memindahkan sampah-sampah yang ada ke dalam karung, kemudian membuangnya ke tempat pembuangan sampah yang resmi.

Perlahan namun pasti, lahan lebih kurang seluas 10 x 25 meter ini bersih. Mereka menyulap tempat tersebut hingga tidak ada orang yang percaya bahw Taman Baca Melego dulunya adalah tempat pembuangan sampah yang tak bertuan.

Dibangun juga saung di bagian pojok. Diketahui, dana pembangunan berasal dari senior-senior yang sudah lulus, dan juga laba dari penyewaan alat-alat outdoor toko Melego Outdoor. Kemudian disusul pembangunan dapur umum, dan tempat membaca yang berisi buku-buku bacaan sumbangan orang-orang baik.

1 of 2

You may also read!

pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...
imam bertemu pendukung

Idris-Imam Selalu Tepati Janji Kampanye

DUKUNGAN : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat sosialisasi di

Read More...
maksimal nikah di KUA

Nikah di KUA Maksimal 10 Orang

Kepala KUA Beji, Dede Nasip.   RADARDEPOK.COM, BEJI – Pandemi Covid-19 benar-benar merusak segala sendi kehidupan. Bikin

Read More...

Mobile Sliding Menu