harjamukti belajar mengenal hewan
EDUKASI : Komunitas Sahabat Satwa Cimanggis (Sawaci) mengadakan edukasi di lingkungan RW9, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
harjamukti belajar mengenal hewan
EDUKASI : Komunitas Sahabat Satwa Cimanggis (Sawaci) mengadakan edukasi di lingkungan RW9, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, HARJAMUKTI – Komunitas pecinta satwa yang menamai dirinya Sahabat Satwa Cimanggis (Sawaci), menggelar edukasi untuk anak-anak dan masyarakat demi menambah wawasan.

Bertempat di RW9 Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Sawaci memberikan edukasi dengan membawa beberapa koleksinya, seperti musang, biawak dan bajing.

“Untuk kali ini, kami tidak membawa ular dan buaya karena melihat kondisi cuaca dan kondisi keamanan, karena mayoritas yang datang juga anak-anak,” ucap Ketua Sawaci, Bayu kepada Radar Depok, Senin (05/10).

Ia menjelaskan, komunitas ini telah terbentuk pada Juli 2019, dengan sering mengadakan gathering dan event di beberapa tempat.

Namun, sejak masa pandemi langkah mereka untuk melakukan gathering di area terbuka, agak sedikit tersendat. “Tujuan kami ingin mengedukasi bahwa satwa liar itu bisa di pelihara dan menjadi teman, sehingga jangan sampai di bunuh, kami juga dapat merescue laporan masyarakat jika ada satwa liar seperti ular juga,” tuturnya.

Tenyata, antusias anak-anak dalam gelaran edukasi Sawaci sangat luar biasa, bahkan beberapa memberanikan diri untuk melihat dari jarak dekat.

“Kedepannya, kami tengah merencanakan gathering gabungan dengan menggandeng berbagai komunitas satwa lain dari beberapa wilayah, untuk lebih banyak mengedukasi masyarakat,” ujarnya.

Di tempat yang sama, pihak penyelenggara yang juga menjadi tuan rumah, Segara Winata mengatakan, dirinya hanya ingin memberi wadah bagi Sawaci untuk berekspresi sekaligus memberikan hiburan mendidik untuk anak-anak sekitar lingkungannya.