Awan Si Peternak Rumah Cupang Official : Kini Jadi Content Creator, Pekerjakan Empat Orang (3-Habis)

In Metropolis
rumah cupang 3
PETERNAK CUPANG : Achmad Zakwan saat ditemui di Rumah Cupang, Haji Sanim Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Beji. FOTO : ISTIMEWA

 

Semakin hari semakin banyak peminat ikan cupang di semua kalangan. Terutama di masa Pandemi Covid-19. Malah jadi berkah tersendiri bagi para peternak atau pengusaha cupang. Salah satunya Rumah Cupang.

Laporan: Putri Disa Kiftiani

RADARDEPOK.COM – Hujan sudah mulai berhenti, masih di tempat yang sama. Awan kembali memuntahkan perjalanan hisupnya saat berkecipung di dunia cupang. Pandemi Covid-19 memberi keberkahan sendiri bagi usahanya. Banyak orang menjadi jarang keluar rumah dan memiliki hobi baru, yaitu memelihara ikan cupang.

Karena permintaan yang tinggi, harga cupang pun mulai fantatis. Awan sendiri mengaku, di tempatnya menjual ikan cupang yang mencapai jutaan rupiah. Dari permintaan yang naik, Awan mendapat omset per bulan bisa mencapai Rp40 juta.

“Dulu sih sebelum ada Pandemi Covid-19 juga alhamdulillah memang sudah besar omsetnya, tapi semenjak Pandemi Covid-19 semakin berkah,” tutur Awan tersenyum.

Awan memanfaatkan media sosial yang dia punya, untuk berjualan dan mengasah ilmu. Banyak ilmu baru yang dia dapat semenjak usaha cupang. Selain menjadi ahli dalam beternak cupang, dia mengaku menjadi bisa skill lain. Seperti memotret dan juga membuat video.

Bermodalkan handphone (Hape) biasa, dia memulai memotret ikan cupang yang dia punya. Sedikit demi sedikit hasil yang dia punya dapat dimanfaatkan untuk membeli gadget yang lebih bagus. Dan dapat mengedit foto ataupun video.

“Dulu awalnya ngedit video buat di Youtube cuma bermodalkan hape. Tapi sekarang Alhamdulillah udah mulai ngedit pake laptop yang uangnya di dapat dari hasil penjualan ikan cupang,”  ujarnya.

Dalam hal mengedit video dia mengaku, bukan lulusan mana pun yang memang belajar specialist dalam bidang tersebut. Hanya saja, dia belajar melalui Youtube juga. Sekarang ini bisa dibilang, selain sebagai peternak ikan cupang dia juga sebagai content creator.

Di akhir percakapan, Awan berkata bagi siapa pun yang ingin memulai usaha ikan cupang. Mari berusaha sambil berikhtiar, perbanyak relasi dan jangan malu bertanya.

Saat ini dia telah mempekerjakan tiga sampai empat orang, untuk membantu dalam usahanya. Salah satunya sepupunya sendiri yang bernama Abdurahman.

Abdurahman yang biasa dipanggil Rahman mengaku, sangat tahu  karakter Awan. Awan yang rajin salat dan juga giat. Terbukti saat azan berkumandang, dia segera bergegas pergi ke musala dekat rumahnya untuk menunaikan ibadah salat Maghrib.

Sambil menunggu Awan salat, Rahman bertutur, sangat mengikuti perkembangan usaha sepupunya itu. “Saya tahu banget usahanya, sampai berakhir seperti ini,” ucap Rahman.

Tak hanya itu, untuk mencapai sebuah kesuksesan seperti sekarang. Banyak hal yang harus dikorbankan, seperti waktu dan tenaga. (rd/cr3)

 

Editor : Pebri Mulya

Radar Depok

You may also read!

masker dari pondok petir

Ratusan Masker Disebar di Pondok Petir

SEMANGAT : Pemuda Kelurahan Pontir berfoto bersama Lurah Pontir, Rizal Farhan saat melaksanakan kegiatan pembagian

Read More...
pemkota depok sentuh BSR

Akhirnya, Pemkot Depok Sentuh BSR

DIPERBAIKI : Petugas DPUPR Kota Depok sedang memperbaiki saluran air di Perumahan BSR. FOTO :

Read More...
afifah alia kerudung hijau

Afifah : Stop Pelecehan Seksual Perempuan

Calon Wakil Walikota Depok nomor urut 1, Afifah Alia   RADARDEPOK.COM, DEPOK JAYA – Kaum perempuan di

Read More...

Mobile Sliding Menu