Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Metropolis Badut Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Badut Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

0
Badut Tetap Patuhi Protokol Kesehatan
UNIK: Seniman Badut, Andra, menyesuaikan diri di masa Pandemi Covid-19 dengan menggunakan face shield saat tampil di acara ulang tahun. FOTO : ISTIMEWA
badut protokol kesehatan
UNIK : Seniman Badut, Andra, menyesuaikan diri di masa Pandemi Covid-19 dengan menggunakan face shield saat tampil di acara ulang tahun. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pandemi Covid-19 telah membuat sebagian besar para seniman kehilangan mata pencahariannya. Salah satunya seniman badut. Kebijakan pemerintah yang tidak mengizinkan orang untuk berkumpul, dan mengadakan acara menjadi salah satu penyebab ‘matinya’ para seniman badut di masa Pandemi Covid-19.

Ketua komunitas Badut Depok, Andra mengatakan, masa Pandemi Covid-19 adalah masa-masa tersulit dia dan teman-temannya selama belasan tahun menjadi seniman badut. Semenjak masa pandemi banyak orang yang lebih memilih mengadakan acara secara privasi bersama keluarga inti saja. Dan tanpa mengorder seniman badut.

“Dalam komunitas kami ada dua orang perempuan dan enam pria. Kami pun merasakan hal yang sama. Yaitu sama-sama susah mendapat job saat Pandemi Covid-19,” ujarnya kepada Radar Depok, Minggu (18/10).

Dia mengatakan, sebelum pandemi Covid-19 hadir di Indonesia, tiap weekend dia mendapat 20 orderan per minggunya.

“Biasanya di weekend seramai itu orderan. Tapi semenjak pandemi hanya dapat satu atau dua orderan per minggunya,” tuturnya.

Awal pandemi dia dan kawan seniman badut lainnya mengaku tidak mendapat orderan sama sekali.

“Selama empat bulan di awal pandemi kami semua tidak mendapat job sama sekli, sampai saya sendiri juga beralih profesi jadi buka warung demi menyambung hidup,” tambahnya.