Bantuan UMKM Diperpanjang Sampai November

In Metropolis
bantuan UMKM di perpanjang
ANTRE : Sejumlah pendaftar BLT UMKM rela mengantre di depan Kantor DKUM Kota Depok sesaui mengikuti protokol kesehatan, Senin (26/10). FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada pelaku Usaha Mikro Menengah (UMKM) di Kota Depok, diperpanjang hingga akhir November. Akibat adanya pertamabahan waktu tersebut,  terjadi antrean di bagian pelayanan Gedung Baleka 2 lantai 7, Senin (26/10).

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Menengah (DKUM) Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, seharusnya para pengaju BLT UMKM, tidak perlu datang ke dinas hanya untuk pengajuan. Karena semua dapat dilakukan via online. Bagi yang datang kesini juga diarahkan agar mendaftar secara online saja. Caranya dengan memberikan link pendaftarannya.

“Itu kami lakukan agar mengurangi kerumunan orang. Kalau pun ada yang tidak paham, tetap akan kami layani,” tuturnya kepada Radar Depok, Senin (26/10).

DKUM sebelumnya, telah menyosialisasikan terkait pendaftaran yang dapat diakses melalui online, ke kecamatan dan kelurahan di Kota Depok. BLT UMKM yang diberikan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (RI) senilai Rp2,4 juta. Dengan syarat pelaku usaha mikro bukan Anggota Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, pegawai BUMN ataupun BUMD.

Berdasarkan data mulai dari Agustus sampai akhir Oktober. Sudah ada 20.000 warga Kota Depok yang mendaftarkan BLT UMKM. Selanjutnya, apabila warga sudah mendaftar, data tersebut akan langsung dikirim ke Kementerian Koperasi dan UKM. “Jadi, kami DKUM hanya mendata saja. Tidak dapat memastikan siapa-siapa saja yang lolos karena bukan wewenang kami,” jelasnya.

Fitriawan berharap, agar para penerima BLT UMKM dapat memanfaatkan uang bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya. “Semoga dapat membantu mereka semua mengembangkan usaha dalam masa Pandemi Covid-19,” tegasnya.

Sementara itu, pelaku UKM di wilayah Cimanggis, Ertina Susanti yang mendaftar BLT UMKM ke DKUM mengatakan, dia tidak tahu sebelumnya kalau pendaftaran BLT dapat dilakukan via online.

“Saya sudah coba ke RT/RW bahkan kelurahan tanya tentang pendaftaran ini, tapi jawabannya malah gatau. Makanya saya langsung cari tahu sendiri ke dinas,” ujarnya singkat. (rd/cr3)

 

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

osuushi makanan jepang

Osuushi Jajakan Makanan Jepang Terjangkau

MAKAN ENAK : Salah satu restoran Jepang di Depok yaitu Osuushi tawarkan sensasi berbeda. FOTO

Read More...
komunitas aslan 4

Lebih Dekat dengan Komunitas Aslan : Sampah Orang Ikut Diangkut Saat Trip (3-Habis)

TRIP : Komunitas Aliansi Sahabat Petualang (ASLAN) berfoto bersama saat melakukan trip ke Kepulauan Seribu.

Read More...
cake unik makin menarik

Fani and Cake : Unik dan Kemasan Menarik

UNIK : Fani and Cake jajakan aneka produk yang enak dan unik. FOTO : FEBRINA/RADAR

Read More...

Mobile Sliding Menu