Banyak Anak Muda Tidak Sadar Memiliki Penyakit Jantung

In Utama

ilustrasi penyakit jantung muda

 

RADARDEPOK.COM – Meskipun banyak diidap orang tua dengan rentan usaia 45 – 65 tahun, tetapi bukan berarti anak muda bisa terjah dari penyakit jantung.

Menurut laporan Kemenkes pada 2013, berdasarkan kelompok usia, sebanyak 39 persen penderita penyakit jantung berusia kurang dari 44 tahun dan 22 persen di antaranya berusia 15-35 tahun. Mereka itu adalah kelompok usia produktif yang nantinya akan jadi bonus demografi dari negara ini.

Lebih lanjut, untuk angka kasus penyakit jantung tertinggi terjadi pada kelompok usia 45-65 tahun dengan 41 persen. Selisih angka yang sebetulnya tak begitu jauh, karena itu Kemenkes berharap adanya langkah nyata dari kelompok usia muda mencegah penyakit tidak menular tersebut.

“Penyakit jantung termasuk dari salah satu penyakit tidak menular (PTM) yang disebabkan pola makan tidak sehat (gula, garam, dan lemak berlebihan), kurangnya aktivitas fisik, merokok, berat badan berlebihan, peningkatan tekanan darah, dan prediabetes,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes, Cut Putri Arianie.

Karena itu, sambung Cut, dia berharap anak muda mau mengubah pola hidupnya ke arah yang lebih sehat dengan menjauhkan rokok, beraktivitas fisik secara rutin, menjalani diet sehat dan seimbang, serta ikut mengampanyekan gaya hidup sehat melalui kegiatan-kegiatan positif di lingkungan mereka masing-masing.

Terkait kampanye hidup sehat yang mesti digiatkan anak muda, Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, Esti Nurjadin, berharap generasi muda mau menjadi agen perubahan untuk komunitasnya.

1 of 2

You may also read!

pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...
imam bertemu pendukung

Idris-Imam Selalu Tepati Janji Kampanye

DUKUNGAN : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat sosialisasi di

Read More...
maksimal nikah di KUA

Nikah di KUA Maksimal 10 Orang

Kepala KUA Beji, Dede Nasip.   RADARDEPOK.COM, BEJI – Pandemi Covid-19 benar-benar merusak segala sendi kehidupan. Bikin

Read More...

Mobile Sliding Menu