BPJS Kesehatan Tingkatkan Kualitas Layanan di FKTP Wilayah Depok

In Metropolis
BPJS kesehatan layanan maksimal
RAPAT : Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Elisa Adam membentuk sistem integritas pada layanan jaminan kesehatan, khususnya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebagai program strategis nasional. Program JKN-KIS terus dikembangkan BPJS Kesehatan agar terus dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Berbagai langkah pun ditempuh untuk memastikan Program JKN-KIS berjalan dengan optimal. Seperti dengan mendorong terbentuknya sistem integritas pada layanan jaminan kesehatan, khususnya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Elisa Adam mengungkapkan, integritas layanan jaminan kesehatan diperlukan untuk menjaga kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat. Namun, untuk mendorong hal tersebut, dibutuhkan adanya akuntabilitas publik melalui pengawasan bersama atau social audit.

“Dengan adanya sistem integritas, diharapkan dapat mencegah terjadinya kecurangan dalam Program JKN-KIS. Fasilitas kesehatan tentu akan memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan ketentuan. Apalagi jika akuntabilitas tercipta melalui pengawasan publik,” ujar Elisa, Senin (26/10).

Lebih lanjut Elisa mengungkapkan, untuk membentuk sistem integritas yang baik melalui pengawasan publik. Maka, pengetahuan dan pemahaman masyarakat perlu untuk ditingkatkan. Untuk itu, pihaknya kini gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Termasuk kepada awak media yang dinilai memiliki peran penting dalam mewujudkan terciptanya akuntabilitas publik.

“Langkah ini kami tempuh dalam rangka memastikan Program JKN-KIS berjalan dengan optimal. Khususnya dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Publik turut serta melakukan pengawasan untuk memastikan bahwa pelayanan berjalan dengan baik,” ujar Elisa.

Terakhir, Elisa menginginkan, agar terobosan penerapan sistem integritas pada layanan jaminan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama ini. Juga didukung puskesmas dan klinik, serta dokter praktek perorangan sebagai pemberi layanan tingkat pertama. Hal ini dikarenakan, kunci terobosan untuk menciptakan sistem integritas pada layanan jaminan kesehatan ada pada puskesmas dan klinik, serta dokter praktek perorangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita mengungkapkan, mendukung penerapan sistem integritas pada layanan jaminan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Dengan harapan fasilitas kesehatan tingkat pertama dapat lebih optimal dalam memberikan pelayanan.

“Kami berharap hal ini menjadi sebuah terobosan yang bisa memberikan dampak positif terhadap pelayanan kepada masyarakat. Khususnya di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Semoga sistem ini dapat menyempurnakan sistem yang telah diterapkan sebelumnya,” tutup Novarita. (DT/mr)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

kelurahan serua sosialisasi

Kelurahan Serua Sosialisasikan Pembinaan Tatanan Masyarakat : Wujudkan 10 Indikasi Tatanan Masyarakat Sehat

BERTANYA : Seorang peserta sosialisasi pembinaan tatanan masyarakat sehat Kelurahan Serua, sedang memberikan pertanyaan kepada

Read More...
kelanjutan galian tanah bocor

Kaji Ulang Proyek Air Bersih Cipayung

KAJI ULANG : Pekerja saat sedang beraktivitas di pengerjaan proyek air bersih yang bocor akibat

Read More...
aera shop untuk anak

AERA Shop Pakarnya Baju Anak

MUDAH : Sekarang tidak perlu repot-repot ke outlet baju atau mall, baju anak-anak bisa dipesan

Read More...

Mobile Sliding Menu