Depok Terus Siaga Cuaca Ekstrem

In Metropolis
siaga cuaca ekstrem
WASPADA CUACA EKSTREM : Suasana langit Kota Depok saat hujan turun mengguyur di Kawasan Grand Depok City (GDC), Kecamatan Sukmajaya. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Masuknya musim hujan menjadi pemicu berbagai bencana serta cuaca yang tidak dapat diprediksi. Hal itu membuat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta kepada masyarakat agar tetap bersiaga dengan menggali informasi peringatan dini, terutama terkait cuaca ekstrem.

“Memang cuaca tidak selalu berjalan pasti. Namun ada prediksi yang mendekati, jadi masyarakat tetap bersiaga,” papar Kabag Humas BMKG Pusat, Akhmad Taufan Maulana kepada Radar Depok, Rabu (21/10).

Menurutnya masih banyak cara untuk mengetahui peringatan dini, serta kabar terkini soal cuaca dan potensi cuaca ekstrem yang dapat mendatangkan bencana.

Banyak informasi terkait prediksi iklim, baik cuaca, bencana, serta dampak dari semuanya. Terlebih masyarakat yang bermukim di titik-titik yang kerap terkena bencana banjir, longsor, pohon tumbang, sampai banjir bandang.

“Masyarakat juga harus pro aktif mencari tahu info prakiraan cuaca. Ini jelas penting buat antisipasi dini,” tegas Taufan.

Sementara, untuk meningkatkan keahlian personel, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok, Bidang Penanggulangan Bencana, melatih 25 berbagai relawan agar dapat membantu masyarakat untuk mengantisipasi serta mengevakuasi jika terjadinya bencana.

“Banyak yang kami latih dari relawan, ormas, sampai LSM. Mereka semua memiliki jiwa kepedulian dan kemanusiaan yang tinggi,” terang Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Denny Romulo Hutauruk di Markas Damkar.

Materi yang diberikan, dibeberkan Denny, seperti, Peningkatan kepercayaan diri dalam melayani masyarakat, Sosialisasi SOP Disinfeksi, Pengenalan Peralatan, serta Peningkatan mental dalam mengevakuasi. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

melek pengawasan

Dorong Masyarakat Melek Pengawasan : Deklarasi Kampung Pengawasan Zona Integritas Pilkada

SOSIALISASI : Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Kelurahan Cilodong, menggelar Sosialisasi pengawasan partisipatif

Read More...
ojol disinfektan depok

Ojol Zaman Now : Disemprot Baru Terima Order

KEAMANAN : Pemeriksaan suhu dan penyemprotan disinfektan kepada ojol, di Posko keamanan Jalan Margonda, Kelurahan

Read More...
fanny lindungi diri

Fanny Lindungi Diri dengan JKN-KIS

PESERTA JKN-KIS : Warga Kota Depok Fanny Andriani Fauzi yang mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS.

Read More...

Mobile Sliding Menu