ridwan kamil libur panjang
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
ridwan kamil libur panjang
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menjelang libur panjang pada 29 Oktober hingga 1 November 2020, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berencana akan menutup jalur Puncak Bogor pada jam tertentu, untuk mengantisipasi kerumunan. Imbauan tersebut, juga diberikan bagi setiap tempat wisata di Kota Depok. Hal itu agar Depok tidak kembali ke zona merah.

“Memang ada penutupan untuk Puncak, tetapi tidak seratus persen, hanya di waktu dan jam tertentu. Kapasitasnya kami batasi. Ini karena belajar dari pengalaman sebelumnya,” terang Emil—sapaan Ridwan Kamil—saat konfrensi pers di Puskesmas Tapos, Kamis (22/10).

Terkait pelaksanaan teknisnya, dirinya akan mengadakan rapat untuk kepastian aturannya, baik secara jam hingga kapasitas pengunjung wisatawan ke Puncak. Sebab, hari ini dirinya baru menerima arahan pemerintah pusat untuk mengantisipasi libur panjang.

Ia memprediksi akan terjadi pelonjakan yang pesat ke tempat wisata. akan lakukan penyekatan-penyekatan. Sehingga jika dirasa volumenya sudah melebihi apa yang di perkirakan, pihaknya sudah ada antisipasi, namun semua tergantung apa yang terjadi di lapangan nantinya.

“Kalau dalam hitungan trafik outingnya kapasitasnya berlebih pasti akan kita tutup,” jelasnya.

Disisi lain, Sekretaris Satpol PP Depok, Sekretaris Satpol PP Kota Depok, Ferry Birowo mengatakan, pihaknya belum membahas rencana penjagaan protokol kesehatan di lokasi wisata yang tersebar di Depok.

“Belum ada pembahasan, nanti setelah dekat waktunya pasti akan kami bahas,” terang Ferry kepada Radar Depok.