Beranda Ruang Publik Islam Sebagai Sumber Motivasi

Islam Sebagai Sumber Motivasi

0
Islam Sebagai Sumber Motivasi

 

Oleh: K.H. A. Mahfudz Anwar

Ketua MUI Kota Depok

 

SEHARUSNYA orang belajar Islam semakin hari semakin baik dan semakin mengokohkan kehidupannya. Seharusnya Islam yang dipelajarinya membuat dirinya semakin menyatu dalam kehidupan yang baik.

Bahkan seharusnya menjadikan manusia bertambah dekat dengan jalan Tuhan. Sehingga pola pikir dan tindakannya selalu mengagumkan (ajaban li amril mukmin). Dan sudah barang tentu hasilnya menjadi sangat bermanfaat bagi hidup diri sendiri dan bagi kehidupan masyarakat.

Namun sangat disayangkan, tidak sedikit orang mempelajari Islam tidak menjadikan dirinya semakin paripurna (Kaffah), tapi sebaliknya. Pola hidupnya terbentuk dan terpola oleh dunia yang serba menggiurkan dan menipu ini. Sehingga jalan Tuhan yang seharusnya menggiring dirinya ke dalam surganya Allah SWT, tapi malah menggiringnya pada jebakan setan. Dan bahkan menimbulkan keretakan atau perpecahan di dalam tubuh kaum muslimin. Padahal seharusnya menjadi perekat dalam bingkai persatuan. Menjadi Ikhwah fillah, bersaudara dalam lindungan Tuhan (fie kalimatin sawa).

Kenikmatan dalam beragama Islam adalah dapatnya merasakan perlindungan Tuhan dalam seluruh aspek hidupnya. Dan dapatnya merasakan bahwa jalan yang ditempuh merupakan jalan yang dibimbing oleh Tuhan. Dan pada saat yang sama meyakini akan kebenaran perbuatannya. Sehingga ia tak pernah berhenti melangkah, bahkan menanjak menapaki anak tangga menuju kebaikan yang telah terpancang di depannya. Dan ini hanya diperoleh bagi orang yang Beragama Islam dengan menjadikan Islam sebagai sumber motivasi.

Sebagai contoh anak yang sedang belajar, ia akan selalu giat (nasyath) karena ia paham bahwa dengan belajar itu akan menghilangkan kebodohan berfikir dan kebodohan bertindak. Dan akan menuntun dirinya ke surga kebahagiaan. Jadi karena ia ingin bahagia, maka ia belajar.