Jabar Butuh 72 Juta Dosis

In Utama
Ridwan kamil ke depok terus
SIMULASI : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau simulasi vaksin di Puskesmas Tapok, Kecamatan Tapos, beberapa waktu lalu. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sejumlah langkah terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam upaya pemberian vaksin Covid-19, salah satunya melakukan simulasi di Puskesmas Tapos, Kota Depok.

Dilansir Radar Depok dari Pikobar Jabar, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jabar, Marion Siagian dalam ekspose strategi pelaksanaan vaksinasi di hadapan Gubernur Jabar mengatakan, vaksinasi di Jabar menyasar 36 juta warga rentang usia 18-59 tahun, dari total penduduk hampir 50 juta jiwa.

Sedangkan jumlah kebutuhan vaksin di Jabar mencapai 72.145.938 dosis. Di mana satu orang mendapatkan dua dosis penyuntikan, sehingga sasaran vaksinasi sebanyak 36.072.969 orang.

“Bagi warga 60 tahun ke atas dan 18 tahun ke bawah, kami masih menunggu petunjuk teknis dari Kemenkes. Apakah diikutsertakan (vaksinasi, red) atau tidak,” ungkap pria yang juga menjabat Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah Provinsi Jabar.

Selain itu lanjut Marion, prioritas pertama sasaran vaksinasi sesuai Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi adalah tenaga kesehatan (Nakes), dan TNI/Polri dengan kebutuhan 315.564 dosis vaksin untuk total sasaran sekitar 157.782 orang di Jabar.

“Kemudian kelompok pelayanan publik 95.248 orang, dengan kebutuhan vaksin 190.496. Kami terus mengupdate, agar pada hari H vaksin semua kelompok prioritas ini bisa tercakup,” terangnya.

Ia melanjutkan, dalam proses vaksinasi pihaknya bakal menambah jumlah tenaga avksinator terlatih yang saat ini sudah mencapai 1.094 orang. Sementara tenaga kesehatan di Jabar berjumlah 85 ribu orang. Vaksin nantinya harus disimpan dalam suhu 2-8 derajat Celsius. Menurut Marion pihaknya terus melakukan asesmen pada alat pendingin di seluruh tempat fasilitas pelayanan kesehatan di Jabar.

1 of 2

You may also read!

trilis idris imam bukan jablay

TRILIS : Idris Imam Bukan Pemimpin ‘Jablai’

HARAPAN : Ketua Trilis, Yusuf Trilis Hendra menyerahkan jersey Trilis ke Imam Budi Hartono baru-baru

Read More...
rafidam beruntung JKN KIS

Rafidam Beruntung Jadi Peserta JKN-KIS

Rafidam Ayu.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Meski tergolong sebagai program yang masih baru. Program JKN-KIS mampu memberikan

Read More...
pelajar dapat bantuan sekolah

PMI Depok Edukasi Pencegahan Covid-19 ke Anak

UNJUKAN : Seorang siswa SD di Depok saat menunjukkan tas yang diperoleh melalui program Safe

Read More...

Mobile Sliding Menu