Lurah Bojongsari, Nurbakti
Lurah Bojongsari, Nurbakti.
Lurah Bojongsari, Nurbakti
Lurah Bojongsari, Nurbakti.

 

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Kelurahan Bojongsari akan mendapatkan bantuan pembuatan Septiktank komunal dari Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Kota Depok.

Lurah Bojongsari, Nurbakti mengatakan, Kelurahan Bojongsari akan mendapatkan 88 titik pembuatan septiktank komunal yang akan dikerjakan di tahun anggaran 2021.

“Programnya baru akan dilaksanakan tahun depan,” kata Nurbakti, Senin (12/10).

Sementara itu, Kasi Ekbang Kelurahan Bojongsari, Aryo Gusprianto mengungkapkan, saat ini pihaknya bersama Disrumkim dan konsultan program tersebut sudah melakukan survei lokasi yang menjadi titik pembuatan septiktank komunal.

“Sekarang sedang proses survey untuk menentukan layak atau tidaknya titik yang diajukan untuk dibuatkan septiktank komunal,” tuturnya.

Dia menjelaskan, pembuatan septiktank ini merupakan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang mensyaratkan rumah yang akan dibuatkan septiktank harus memenuji kriteria yaitu rumah milik sendiri, dan bersedia menyediakan lahan seluas 1,5 meter x 1,5 meter untuk dibuatkan septiktank komunal.

“Dalam proses survei ini, kami mendapatkan kendala berupa ketidaksesuaian data pemohon, karena kami masih menemukan ada titik yang berlokasi di rumah kontrakan, sehingga kami anulir dan diganti dengan titik baru yang sesuai dengan persayaratan,” bebernya.

Aryo mengakui, tingkat kesadaran warga Bojongsari dalam membuat sanitasi yang layak masih sangat kurang, sehingga Kelurahan Bojongsari mendapatkan kuota paling banyak se-Kota Depok untuk program pembuatan septiktank komunal ini.

“Di wilayah kami masih ada rumah yang tidak membuat septiktank,” pungkasnya. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya