Beranda Metropolis Komunitas Kali Ciliwung Depok : Tetap Beraksi, Hindari Kerumunan

Komunitas Kali Ciliwung Depok : Tetap Beraksi, Hindari Kerumunan

0
Komunitas Kali Ciliwung Depok : Tetap Beraksi, Hindari Kerumunan
SUSUR CILIWUNG: Komunitas Ciliwung Depok sedang menyusuri sungai Ciliwung, beberapa waktu lalu. FOTO : IST FOR RADAR DEPOK
komunitas ciliwung sungai
SUSUR CILIWUNG : Komunitas Ciliwung Depok sedang menyusuri sungai Ciliwung, beberapa waktu lalu. FOTO : IST FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pandemi Covid-19 bukanlah penghalang bagi semua orang menjalankan aktivitasnya. Seperti dilakukan Komunitas Ciliwung Depok, yang tetap beraksi menjaga lingkungan Ciliwung.

Anggota Komunitas Kali Ciliwung Depok, Gilang Diraya Satrya menuturkan, meski ada pandemi covid-19 kegiatan di komunitasnya tetap berjalan. Hanya saja tidak di post ke sosial media.

“Karena ada imbauan agar tidak berkerumun di masa Pandemi Covid-19. Jadi kami kalau ada kegiatan, tidak melibatkan banyak orang, dan tidak post di sosial media,” tutur Gilang kepada Radar Depok, Selasa (20/10).

Gilang mengatakan, sebenarnya banyak kegiatan yang dilakukan secara rutin sebelum pandemi Covid-19. Misalnya, bersih-bersih Ciliwung, bebenah Ciliwung seminggu sekali, susur sungai per dua atau tiga bulan sekali, dan pemetaan sungai.

Namun, saat di masa Pandemi Covid-19 hal yang dapat dilakukan hanya beberapa kegiatan saja seperti bersih-bersih dan pemetaan. Pada kegiatan pemetaan sungai, mereka melakukan pemetaan terhadap tempat pembuangan sampah liar dan tanah yang berpotensi longsor.

“Sekarang paling bersih-bersih Ciliwung sekitar kolong. Sama sempet tempo hari mapping Ciliwung pakai perahu mulai dari kolong jembatan GDC sampai Juanda Depok,” ujarnya.

Selain itu, tidak dapat berbuat banyak mengenai masih adanya warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung.