Lebih Dekat dengan Komunitas Depok Banget : Bangun Desa Binaan Sampai Dirikan Taman Baca (2)

In Metropolis
komunitas depok banget 2
PESANTREN KILAT : Salah Satu Kegiatan yang Komunitas Depok Banget di RW04. FOTO : ISTIMEWA

 

Setelah Komunitas Depok Banget diresmikan Walikota Depok, Mohammad Idris. Tim Depok Banget mulai menjalankan aksinya membangun Desa Binaan di RW4 Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung.

Laporan: Putri Disa Kiftiani

RADARDEPOK.COM – Hal pertama yang dilakukan setelah menentukan wilayah untuk membangun Desa Binaan. Komunitas Depok Banget melalukan pendekatan kepada warga yang ada di lingkungan RW4. Mereka mengaku, dalam hal pendekatan kepada warga RW4 tidaklah mudah. Butuh perjuangan  sampai dititik mereka bisa diterima para warga.

Kebetulan saat mereka masuk ke dalam lingkungan RW04, sedang terjadi pergantian Ketua RW4. Ketua RW sebelumnya pasif, tapi sekarang penggantinya lebih satu misi dengan Komunitas Depok Banget. Mulai dari situlah, mereka bekerjasama membangun lingkungan lebih baik lagi.

Qurina yang merupakan tim inti sekaligus Kepala Media Depok Banget menuturkan, kesulitan dalam masuk ke lingkungan tersebut adalah banyaknya masyarakat dil lingkungan RW4, acuh terhadap perkembangan luar.

“Masyarakat disini tuh rata-rata hidupnya mengikuti alur saja. Jadi, hadirnya kita di sini bertujuan membangun dan memberdayakannya. Agar hidupnya lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain,” tutur Qurina.

Komunitas Depok Banget, mulai masuk ke dalam lingkungan RW4 dengan cara mengobrol langsung dengan masyarakat di sana. Mulai tanya kebiasaan-kebiasaannya, hal-hal apa yang mereka suka, dan masih banyak lainnya. Mereka menyebut tahun 2019 sebagai tahun transisi, dimana mereka melakukan konsolidasi untuk masuk ke dalam bagian dari RW4.

2019 juga menjadi tahun mereka mendapatkan donator. Biasanya, bagi donator ada tiga paket. Maksudnya, paket tersebut terdiri dari silver, gold, dan premium. Nominal donasinya itu berbeda-beda sesuai paket yang para donator mau pilih. Mulai Rp20 ribu sampai Rp100 ribu per bulan.

Setelah lambat laun mendapat donator, mencari mitra, dan sponsor. Mereka mulai melakukan beberapa kegiatan di Desa Binaan RW4 tersebut.

1 of 2

You may also read!

pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...
imam bertemu pendukung

Idris-Imam Selalu Tepati Janji Kampanye

DUKUNGAN : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat sosialisasi di

Read More...
maksimal nikah di KUA

Nikah di KUA Maksimal 10 Orang

Kepala KUA Beji, Dede Nasip.   RADARDEPOK.COM, BEJI – Pandemi Covid-19 benar-benar merusak segala sendi kehidupan. Bikin

Read More...

Mobile Sliding Menu