MCAP Diskominfo Depok Tangkal Hoaks

In Metropolis
sidik pegang hape
JELASKAN : Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono, saat menjelaskan soal MCAP. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, terus memerangi hoaks yang beredar. Caranya, dengan menciptakan Mobile Comunnity Acces Point (MCAP) yang secara langsung menyasar ke simpul masyarakat, seperti sekolah dan tempat pelayanan.

“Sebelum pandemi kita memang bergerak secara masif, langsung tatap muka dengan masyarakat dan pelajar untuk mengedukasi bahayanya hoaks,” jelas Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono, kepada Radar Depok, Jumat (16/10)

Sidik menjelaskan, gerakan itu langsung diberitahu kepada dampak hoaks yang kebenarannya belum teruji. Disana petugas akan memberikan contohnya, soal apa yang menjadi berita hoaks.

Hal ini, wajib untuk diperangi semua kalangan, mengingat perkembangan zaman bukan lagi perang secara langsung. Tapi, melalui udara dapat memanfaatkan kejahatan cyber untuk memecah belah masyarakat, agar tercapainya tujuan tertentu.

“Sudah banyak korbannya yang terjerat hukum karena kena UU ITE, karena tidak tahu kalau ternyata itu hoaks. Makanya kami berperan untuk memberikan pencerahan,” ungkapnya.

Menurutnya, tidak ada batasan dalam mengakses informasi pada media sosial. Sebab itu menjadi hak masyarakat, namun yang harus ditekankan adalah jangan meneruskan berita tersebut. Jika belum teruji kebenarannya, cukup dibaca agar sebatas mengetahui.

Terkait efektif atau tidaknya, Sidik mengembalikan kepada masyarakat yang sudah diedukasi, karena pihak Diskominfo bentuknya hanya berupaya untuk menjaga kondusifitas Kota Depok dari bahayanya hoax yang berujung memecah belah.

1 of 2

You may also read!

pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...
imam bertemu pendukung

Idris-Imam Selalu Tepati Janji Kampanye

DUKUNGAN : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat sosialisasi di

Read More...
maksimal nikah di KUA

Nikah di KUA Maksimal 10 Orang

Kepala KUA Beji, Dede Nasip.   RADARDEPOK.COM, BEJI – Pandemi Covid-19 benar-benar merusak segala sendi kehidupan. Bikin

Read More...

Mobile Sliding Menu